Ilwan Sugianto; Memaknai Idul Adha dari Meneladani Kisah Nabi

Ilwan Sugianto.SH.MH

PINRANG,--Momentum Idul Adha hadirkan begitu banyak hikmah luar biasa. Mulai dari gambaran ideal sebuah keluarga, pesan moral dalam bermasyarakat, sampai gagasan persatuan bangsa.

Hal inilah dikemukakan Ilwan Sugianto.SH.MH selaku ketua Dewan Masjid Kecamatan Cempa Kabupaten Pinrang.

"Kami ucapkan selamat hari  raya qurban dimana hari nanti suci ini Banyak pelajaran yang bisa kita petik dari kehidupan keluarga Nabi Ibrahim dan Ismail," ujar Ilwan Mantan Ketua PWI Pinrang.

Ilwan mengungkapkan, perintah ber-qurban dalam momentum Idul Adha sendiri memang punya akar sejarah yang tak bisa dilepaskan dari keluarga Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. 

Karenanya, momentum Idul Adha ini menurutnya harus dimaknai dengan meneladani kisah kedua nabi tersebut.

"Satu di antaranya adalah bagaimana pendidikan dalam keluarga itu sangat penting. Sehingga bisa melahirkan generasi - generasi seperti (Nabi) Ismail, serta memberi pesan persatuan" ungkapnya

Selain itu, Idul Adha juga mengajarkan kepada ummat untuk membangun solidaritas masyarakat. Juga bagaimana menjaga persatuan ummat.


Tidak saling menyalahkan. Apalagi tahun ini adalah tahun-tahun politik yang sangat rentan membuat friksi di masyarakat karena perbedaan pilihan dan pendapat dalam politik.(*Rls)

Posting Komentar

0 Komentar