SARANA HARIAN BERITA TERKINI

Recent Posts

Contributors

Kreatif, Pemuda Peduli Sampah Pinrang Gagas Bank Sampah Hasilkan Duit

Minggu, 06 Januari 2019
Pemuda Peduli Sampah Pinrang Gagas Bank Sampah

PINRANG,--Cara alternatif untuk mengatasi polemik Persampahan di Pinrang di gagas oleh Pemuda Peduli sampah Ali Topan.

Pemuda peduli sampah merintis program bank sampah yang diberi istilah namakan Bank Sampah Peduli Pinrang.

“Hal ini kami lakukan untuk menberi edukasi sampah bisa menjadi berkah saat pengelolaannya tepat,” ungkapnya, minggu, 6 januari 2019 di Lerang- lerang, Kel. Benteng Sawitto, Kec. Paleteang.

Tambahnya kata Pemuda Peduli sampah Ali Topan "Awalnya, kami melakukan program baksos sekali se bulan dengan melibatkan okp & Pramuka dll, saat kami berfikir saat berkegiatan baksos tapi tdk ada solusi tentang persampahan khususnya di wilayah Pinrang sejak kegiata Word Cleanup Day 15 Sep 2018 lalu serentak di seluruh dunia maka dari itulah kami kenal teman-teman peduli tentang sampah di Sulsel dengan modal kami bertemu dengan Pak Mannang yang kebetulan pengelola TPSR Majjeling di Kabupaten Sidrap adalah salah satu TPSR terbaik di Sulsel. Setelah berdiskusi dengan beliau dengan teman yang di sapa La Onchas pendiri bank sampah Nenek Malomo Rappang. Serta kami berharap Bank Sampah yang ada di Pinrang bisa mengelolah sampah dengan sampah juga bisa jadi berkah" jelasnya

Lanjutnya, “Jadi polanya, Masyarakat BAWA SAMPAH – TIMBANG SAMPAH – CATAT SALDO”. Dan Khusus untuk anak SD nantinya saldo yang merupakan berat sampah yang mereka kumpulkan sedikit demi sedikit akan mereka tukarkan dengan peralatan dan perlengkapan sekolah yang mereka butuhkan dll.
Harapnya kami,  nantinya banyak bank sampah yang di gagas oleh pemuda dan pemudi di Pinrang, Program bank sampah itu bisa mengubah paradigma masyarakat untuk memaknai sampah sebagai sesuatu yang mempunyai nilai untuk dimanfaatkan kembali sekaligus mengurangi jumlah sampah.

Menghimpun (membeli) dan mengelola sampah langsung dari sumbernya sehingga secara langsung ikut membantu pemerintah dalam rangka mengurangi dan mengendalikan sampah yang masuk ke TPA dan ikut mewujudkan kota yang bersih, sejuk, sehat, dan berwawasan lingkungan.(Rls)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FEED NEWS