Musim Buah, Pedagang Durian Di Pinrang Panen Rejeki Pembeli Mabok Durian


Musim Buah, Pedagang Durian Di Pinrang Panen Rejeki Pembeli Mabok Durian

PINRANG,-- Memasuki musim hujan, di awal tahun 2019 juga diramaikan dengan masa panen buah durian, Buah rambutan dan Buah Langsat Di beberapa sudut jalan akan mudah kita temui penjaja durian musiman di kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan.
Sejumlah warga berbondong-bondong membeli buah durian musiman itu,

Dari pantauan sejumlah titik sentral penjual durian kita bisa dapatkan di kabupaten Pinrang diantaranya di sekitar jalan Sultan Hasanuddin, jalan jenderal Sudirman, area taman Lasinrang Park, dan jalan Poros Polman.

"Musimnya mi pak jadi enak langsung makan di sini, apalagi agak murah dan bisa dipilih pilih buah durian,"kata Wahyu warga Pinrang saat di temui.

Dilangsir suaracom Namun di balik legitnya daging buah durian, ada risiko kesehatan yang mengintai saat mengonsumsinya. Terutama pada mereka yang memiliki riwayat kolesterol dan tekanan darah tinggi. 

Gejala yang biasa menjangkiti orang-orang yang tergolong 'mabuk' durian antara lain leher panas dan nyeri di bagian kepala.

Menurut dr. Tirza Gwendoline Matulessyi, SpPD dari RS Evasari Jakarta, konsumsi durian yang berlebihan memang dapat memicu peningkatan kolesterol jahat dan tekanan darah tinggi.

"Kadar alkohol di dalam duren juga bisa berefek ke fatty liver, terutama jika orang mengonsumsinya benar-benar berlebihan," ujar dia.

Fatty liver atau perlemakan hati kerap dialami oleh mereka yang kegemukan. Pada kondisi awal, penyakit ini tak menimbulkan gejala berarti, hanya meliputi perut tak nyaman atau begah.

Meski demikian, Tirza mengatakan bahwa jika seseorang menjalani pola hidup sehat dan seimbang, konsumsi durian terlebih saat sedang musim seperti ini, tidak akan menimbulkan masalah berarti.

"Kalau pola hidup bagus, tubuh sudah punya sistem kekebalan sendiri. Makanan yang dikonsumsi seimbang, olahraga teratur, itu kan hidup sehat," tambah dia.

Di lain sisi, Kata pedagang durian"Jadi, setelah makan durian, kulitnya jangan langsung dibuang. Isi dengan air minum lalu bisa langsung diminum untuk mencegah agar tidak mabuk," imbuhnya.

Selain menghindari mabuk, tips ini bisa sekaligus menghilangkan bau durian di mulut atau tangan Anda usai mengonsumsi durian.

Selain itu, Aji juga menganjurkan pembelinya untuk mengonsumsi buah manggis usai menyantap durian. Menurutnya, manggis bermanfaat sebagai penawar untuk mentralisir alkohol pada buah durian.

"Yang pasti jangan berlebihan mengonsumsinya, segala sesuatu yang berlebihan kan tidak baik," ujar Aji memberi saran.(Rls/*)

Posting Komentar

0 Komentar