Pinrang Raih Adipura, Petugas Penyapu Jalan Harap Pemkab Perhatikan Nasibnya

Pinrang Raih Adipura, Petugas Penyapu Jalan Harap Pemkab Perhatikan Nasibnya


PINRANG,-- kabupaten Pinrang  ditetapkan sebagai salah satu daerah penerima gelar Adipura yang ke 9.

Diketahui Gelar Adipura merupakan penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang diberikan kepada daerah di Indonesia yang berhasil dalam menjaga kebersihan serta pengelolaan lingkungan.

Peraihan Tropi Adipura tersebut ditanggapi sejumlah aktivis lingkungan hidup Pinrang dimana satuan petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup tugas menyapu jalanan. Mereka dikenal dengan istilah pasukan orange layak nasibnya di perhatikan oleh pemerintah

"Sesama peduli lingkungan Anggota pasukan orange Pinrang Itu seringkali  kami dapat ditemui pada pagi dan sore hari, mereka layak di perhatikan nasibnya sehingga Pinrang bisa raih Adipura,"ungkapnya Adi Salah satu pengamat lingkungan hidup di Pinrang

Dengan seragam oranye, mereka inilah yang setiap harinya membersihkan jalanan Pinrang dari berbagai jenis sampah yang kebanyakan merupakan sampah yang dibuang warga, dari mulai botol air mineral, bungkus rokok, ataupun pembungkus makanan ringan.

Mereka menyampaikan sejumlah harapan kepada pemerintah Pinrang setempat, salah satunya keinginan untuk dinaikan upahnya.

"Alhamdulillah kalau Pinrang terima piala Adipura, tentu kami sangat bersyukur dan kami berharap sebagai petugas kebersihan bisa juga di perhatikan nasibnya, kata Salah satu petugas kebersihan yang enggan dimediakan namanya.

Sebelumnya di beritakan Pemerintah Kabupaten Pinrang akan menerima tropi Adipura dan tropi adipura ini adalah tropi Adipura ke 9 bagi Kabupaten penghasil beras ini.

Hal tersebu diungkapkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pinrang H. Sudirman yang ditemui diruang kerjanya, Kamis (10/1/2019).

Sudirman mengungkapkan, Tropi Adipura ke 9 ini adalah hasil kerja keras semua pihak tidak terkecuali masyarakat dan para tenaga penyapu jalan yang selama ini telah bekerja keras dalam menjaga kebersihan kota.

“Keberhasilan ini adalah hasil kerja kolektif dari semua OPD, Masyarakat yang ikut memberika dukungan bagi Pemerintah dalam menjaga lingkungan” Ungkap Sudirman.

Penganugerahan ini sendiri akan digelar oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan sedianya akan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia H.M. Jusuf Kalla di Jakarta.

Selain itu, Kabupaten Pinrang beberapa bulan lalu juga menerima penghargaan sebagai Kota bersih dan Hijau serta Piala Adiwiyata tingkat Provinsi dari Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah.

“Ini adalah kado terindah kami untuk Bapak Bupati Pinrang Aslam Patonangi di akhir masa Jabatannya, Semua tak terlepas dari Bimbingan dan komitmen beliau untuk menjaga kebersihan dan kepeduliannya terhadap lingkungan hidup” tutup Sudirman.(*/Rls)

Posting Komentar

0 Komentar