Program 3R Pengendalian Sampah Hadir Di Pinrang

Program 3R Pengendalian Sampah Hadir Di Pinrang

PINRANG,– Dalam upaya memperpanjang usia Tempat Pembuangan sampah Akhir (TPA) banyak upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Pinrang dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pinrang.

Upaya tersebut tidak terlepas dari program 3R yaitu Reuse (Penggunaan Kembali), Recycle (Daur Ulang) dan Reduce (mengurangi) yang selama ini didengungkan.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pinrang H.Sudirman yang ditemui disela – sela penyerahan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) dari Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Suppa, Selasa (8/1/2018) di Kelurahan Watang Suppa Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang.

Sudirman melanjutkan, dirinya sangat mengapresiasi bantuan dari PLTD Suppa ini karena disamping dapat mengurangi sampah rumah tangga juga dapat memperpanjang usia ekonomis dari TPA sebagai tempat berlabuh terakhir sampah.

Bantuan ini nantinya akan dimanfaatkan semaksimal mungkin dan tentunya akan tetap diawasi dan diadakan pendampingan baik dari pihak Dinas LH Pinrang, PLTD Suppa dan TNI AL yang bermarkas di Kecamatan Suppa.

“Bantuan berupa bangunan, unit komputer, Timbangan dan Peralatan kantor lainnya, nantinya kami berharap, selain sebagai upaya pelestarian lingkungan, bank sampah ini akan menambah umur dari TPA” ungkap Sudirman.

Dengan sedikitnya kuantitas sampah yang berakhir di TPA, maka tentunya umur ekonomis penggunaan TPA akan bertambah, tentunya hal ini yang selama ini menjadi harapan dari program 3R sebagai upaya pelestarian lingkungan.(*/Rayi)

Posting Komentar

0 Komentar