Loading......

Kemenkes RI Apresiasi Germas Terlaksana Di Pinrang

Kemenkes RI Apresiasi Germas Terlaksana Di Pinrang

PINRANG,--Kementerian Kesehatan RI memberi apresiasi Bupati Pinrang Aslam Patonangi yang telah memberi respon yang baik pelaksanaan Gerakan Masyarakat (Germas) Hidup sehat. 

Bupati Pinrang saat menerima tim Kemenkes dipimpin Andi Saribunga Untung,SKM,MSc,PH, Selasa (5/3) di ruang rapat Bupati Pinrang menilai Germas Hidup Sehat tidak berjalan sendiri bukan semata urusan Dinas Kesehatan tapi harus bersinergi dengan Organisasi Perangkat Daerah lainnya karena hal itu terkait beberapa elemen, seperti kebersihan, Lingkungan Hidup, sanitasi utamanya air bersih, MCK dan olahraga dan hal itu harus dilakukan pemerintah wilayah utamanya di kecamatan harus jadi motor program Hidup Sehat. 

Tim Kemenkes diantar Kepala Bidang Kesahatan Masyarakat Dinas Kesehatan Pinrang dr Amtsyir Muhadi dan Sekretaris Dinkes Pinrang melakukan Sosialisasi mengenai Germas untuk menekan Penyakit Tidak Menular (PTN), Angka Kematian Ibu (AKI dan Stanting Penyakit menular di Puskesmas Salo. 
Dihadapan Kepala Puskesmas se Kabupaten Pinrang Andi Saribunga Untung menjelaskan melalui Sosialisasi. 

Menurutnya Germas merupakan gerakan nasional dengan upaya propentif dan preventif serta melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat lintas sektor diharapkan dapat membuat kebijakan yang dapat mendukung pelaksanaan Germas. 

Germas itu meliputi  kegiatan aktvitas fisik masalah kesehatan, konsumsi buah dan sayur, tidak merokok, memeriksakan kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban sehat. 

Untuk menyukseskan germas peran Kepala daerah dalam menggerakkan OPD diwilayahnya akan sangat menentukan disamping peran aktif individu, keluarga dan masyarakat dalam mempraktekkan pola hidup sehat, serta mengajak keterlibatan akademisi, dunia usaha, Ormas dalam menggerakkan anggotanya untuk berperiku sehat.(herman chandra/humas pinrang)

Posting Komentar

0 Komentar