Loading......

Halaman Facebook Milik KPU Pinrang Curhat Kronologi Tugas KPPS, Begini Kisahnya,!

logo kpu Pinrang


Kronologi Waktu Tugas Negara bagi KPPS
05.30 = Semangat mandi pagi
06.00 = Sudah ready di TPS dengan ceria, semangat, dan optimisme pemilu 2019 lancar dan aman
07.00 = Merasa bangga mulai bersumpah/dilantik menunaikan TUGAS NEGARA
07.00-10.00 = semangat banget sampai waktu tak terasa sudah berjalan 3 jam
10.00-11.30 = Mulai "menguap" ngantuk
11.30-12.30 = Sangat ngantuk (tapi tetap standby dong)
12.30 = Mulai semangat lagi. Sebentar lagi waktunya penghitungan. Dalam perasaan, tugas mendekati finish
Sementara beberapa petugas KPPS masih asyik menggoreskan tinta di formulir C1 (salah satu form paling vital dalam gelaran pemilu) yang jumlahnya bikin jari-jari kadang sempat kram
13.00 = Teeettt. Waktu pemungutan suara berakhir. Saatnya penghitungan!
13.00-14.00 = Selesai hitung BOX 1 untuk Presiden dan Wakil Presiden
14.00-15.30 = BOX 2 finish. Untuk DPR RI
Fisik mulai terkuras. Sementara pandangan mata melirik ke sisa BOX yang menyisakan 3. FRUSTASI!
tim penulis form-form juga masih aktif menjalankan pulpen STANDARTnya.
15.30-16.30 = BOX DPD selesai.
Menyisakan BOX DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Fisik dan muka petugas TPS mulai tampak lesu. Namun, semangat mereka masih terus membara demi tugas mulia negara.
16.30-19.30 = BOX ke-4 dan ke-5 untuk DPRD Provinsi selesai dihitung.
Ingat, kelima BOX itu masih baru dihitung belum direkap dalam berita acara. Iba, bangga, dan bercampur haru kepada KPPS. Sandingan kopi dan snack bahkan makanan "berat" pun tampak porak poranda diterjang di tengah kesibukan petugas TPS. Tugas pun terus berlanjut. Makin lama istirahat, maka semakin tak kunjung kelar. Sementara, penulisan form C1 juga belum kunjung selesai. Saking banyaknya penulisan nama KPPS dan Saksi Parpol maupun caleg serta tanda tangannya. Tak hanya itu, para saksi dan PTPS pun juga tak kalah hebat dengan petugas TPS. Mengawal dan menjaga pemilu yang benar-benar JURDIL.
Kertas Plano penghitungan mulai dipreteli. Direkapitulasi dan di input dalam form C1 berdasarkan data-data yang akurat dan nyata. Sekali saja salah input data, FATAL. Butuh waktu lebih lama lagi buat kroscek. Tak terasa waktu begitu cepat berjalan. Jam 8, 9, 10, 11 begitu cepat terasa layaknya hitungan detik. Tenaga sepertinya sudah tidak bisa lagi di "charge" hanya dengan makanan. Fisik dan mental telah benar-benar berada pada kisaran 20-30%. Kembali, pandangan mata tertuju pada jam tangan maupun jam dinding. Waw, jam 01.00. Masih juga bergelut dengan data form C1. Bahkan ada yang sampai jam 02.00, 03.00, 04.00, 05.00, 06.00, dan 07.00 baru selesai rekap di TPS. Fix, 24 jam lebih tanpa tidur. Eit, belum cukup sampai disitu. Hasil rekap TPS harus segera ditransfer dan dipertanggungjawabkan ke PPS.
Saatnya, mengirim seluruh logistik TPS ke PPS untuk dimintai pertanggungjawaban. Sampai sini, jangan anggap ENTENG. Ternyata harus antre dengan TPS lain untuk menghadap petugas PPS. Jika TPS datang ke PPS pada jam tertentu, jam 01.00 misalnya, antreannya bisa sampai jam 05.00 untuk bisa berhadapan dengan PPS. Itu juga tergantung pada TPS sebelum TPS berikutnya. Jika banyak kesalahan, waktu antre bakal bisa lebih lama.
Sesekali petugas TPS lain mengintip TPS lain yang sedang melapor. Barangkali ada hal-hal yang bisa dibuat acuan untuk mempersiapkan diri pada saat melapor ke PPS. Ada juga yang saat menunggu antrean, mereka tiduran di asal tempat yang penting bisa merehatkan mata dan "mengencengkan boyok".
Bagi TPS yang selesai melapor tentunya sangat senang dan bahagia. Ditambah honor KPPS bisa segera dibagikan. Ya..., bisa untuk beli MOBIL (mobilan) dan beli tanah. LUMAYAN!
Yee, Selesai. Rasa balas dendam sudah tertanam di hati masing-masing anggota KPPS. Saatnya, TIDUR!
Selamat atas perjuangan anggota KPPS. Pemilu sukses karena Anda. Anda sukses karena sungguh-sungguh menjalankan tugas mulia negara. Semoga perjuangan yang Anda kerjakan tidak sia-sia karena KECURANGAN dan KECULASAN dari kubu-kubu yang menginginkan demokrasi di negara kita buruk citranya. Pemilu 2019 : LUBIR dan JURDIL
Catatan : Kronologi tugas KPPS ditulis secara umum. Tidak semua TPS mengalami kronologi yang sama. Tapi, secara keseluruhan adalah SAMA! (EDH2)/ Jumat, 19 April 2019
(Copas)

Posting Komentar

0 Komentar