Tanah Bergeser, Warga Paleleng Pinrang Minta Badan Geologi Turun Tangan

Tanah Bergeser, Warga Paleleng Pinrang Minta Badan Geologi Turun Tangan



PINRANG,--Dusun Paleleng desa kaseralau, Kecamatan batulappa, Kabupaten Pinrang mengalami pergeseranTanah,  Selasa (30/04).

"Sejumlah titik perkebunan yang ada di daerah dusun paleleng telah terjadi pergeseran tanah,  hal tersebut diduga di akibatkan curah hujan terus meningkat yang mengguyur dusun paleleng dan sekitarnya, selama hampir 10 hari,"Kata Ambry (20) salah satu pemuda asal paleleng.

Ambry mengungkapkan' kejadian tersebut yakni pergeseran tanah terjadi sekitar Senin malam sekitar pukul 22.00.

"Masyarakat setempat memilih untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman karena khawatir pergeseran Tanah ini akan menimbulkan longsor.
"Apalagi puluhan hektar tanah milik warga sudah mengalami kerusakan, seperti retak pada bagian perkebunan dan miring hingga longsor, karena itu sejumlah jalan dan tiang listrik pun ikut ambles akibat tanah retak,"ungkapnya

Lanjutnya kata dia "Curah hujan yang tinggi menyebabkan warga semakin panik dan ketakutan tinggal di dalam rumahnya ditambah pergeseran tanah meluas dan lebar retakannya semakin membesar, Mereka terus waspada dan mengantisipasi jatuhnya korban jiwa atau kejadian lainnya yang tidak diinginkan,"jelasnya.

Lanjut kata dia,"Kami sangat berharap kepada pemerintah setempat dan Badan Geologi, segera melakukan penelitian di lokasi bencana, agar warga bisa mengetahui kondisi status bahaya pergeseran tanah itu Di lokasi kejadian, selain jalan terputus beberapa tiang listrik pun ikut retak dan tumbang sehingga mengalami listrik padam. Olehnya itu kami betul - betul sangat berharap kiranya ada penanggulangan secepatnya dan menurunkan tim dari Badan Geologi."Tutupnya. (prm/Rls)

Posting Komentar

0 Komentar