Cacar Monyet Menyebar, Warga Pinrang Harus Waspada Dan Kenali Tanda Tandanya,?


PINRANG,— Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang drg Dyah Puspita Dewi menghimbau masyarakat untuk waspada terhadap penyebaran cacar monyet yang saat ini menjadi perbincangan.

Walaupun belum ada kasus yang ditengarai sebagai tanda penyebaran cacar monyet di Kabupaten Pinrang, namun Dyah tetap meminta kepada masyarakat untuk mewaspadai penularan penyakit ini.



Menurut Dyah, penyakit ini patut diwaspadai karena media penyebarannya merupakan hewan yang sering ditemui yakni tikus dan primata seperti kera.

Penyakit dengan nama ilmiah monkeypox ini menulari manusia dengan median darah dan cairan tubuh hewan yang terjangkiti, dan saat ini, penyebaran penyakit ini telah sampai ke negara tetangga yakni Singapura.

Dyah meminta kepada masyarakat untuk tetap menerapkan pola hidup bersih dan sehat guna mengurangi potensi penyakit ini menular kepada manusia terutama yang sering melakukan kontak dengan hewan yang berpotensi menjadi wadah penyebaran penyakit ini.

“Belum ada kasus, tetapi tetap harus diwaspadai” ungkap Dyah yang ditemui Rabu (15/5/2019) di ruang kerjanya.
Sementara itu, terkait dengan Public Safety Center 119 Pinrang yang telah mendapat pengakuan dari Kementerian Kesehatan, Dyah mengungkapkan, masyarakat yang mengalami kondisi kegawat daruratan dapat melakukan sambungan telepon dengan nomor 119 dan langsung di terima oleh operator PSC 119 Pinrang untuk dilakukan tindakan.

“PSC 119 Pinrang sudah teregister di Kemenkes karena upaya selama ini telah diakui, masyarakat bisa menghubungi 119 jika ada kondisi kegawat daruratan dan panggilan ini bebas biaya” pungkasnya.(*/Rls)

Posting Komentar

0 Komentar