Loading......

Jika Mau Kaya dan Dekat dengan Surga, Bersedekahlah

Istimewa

RAMADHAN,--Manfaat membayar zakat sangat besar bagi setiap orang yang membayarkannya. Seperti yang dijelaskan pengasuh Pondok Pesantren Mamba'us Sholihin, Suci, Manyar, Gresik, KH Masbuhin Faqih, bahwa memberikan sebagian harta kepada golongan masyarakat yang tidak mampu baik dalam bentuk zakat maupun sodaqoh atau sedekah memiliki 'fadhilah' atau keutamaan yang tidak sedikit.

"Fadhilahnya belas kasihan itu sangat luar biasa. Membuat manusia menjadi dekat pada Allah, dekat pada manusia, dekat pada surga dan jauh dari api neraka," kata Kiai Masbuhin dalam sebuah pengajian di Pesantren Suci.

Di samping kita melaksanakan kewajiban yang diwajibkan oleh Allah SWT, kita harus bermurah hati dan penuh kasih sayang. Oleh karenanya, menurut Kiai Buhin, jika kita telah menunaikan zakat yang wajib kita juga sebaiknya memperbanyak ibadah sunnah. 

"Maka kita harus bersyukur jika kita semua sudah menunaikan zakat, ita menunaikan juga sedekat sebanyak-banyaknya. Kita harus memiliki sifat welas (mengasihi) pada orang yang tidak punya karena fadhilahnya sangat besar," katanya.

Manfaat sedekah juga pernah disampaikan Habib Yahya Rosyad Grobogan sebagai cara untuk meraih kekayaan. "Kalau pengen kaya maka bersedekahlah, jangan bersedekah menunggu kaya," kata Habib Yahya kala itu. 

Beliau memaparkan wejangan dari kanjeng Nabi Muhammad SAW, "Ma naqoso maalul bi sodaqoti bal yazdad, bal yazdad, bal yazdad. Tidak akan berkurang harta yang disedekahkan, tetapi tambah, tambah, tambah. Assodaqotu pangkal kaya, utawi sedekah itu pangkal kaya," tegas Habib Yahya.

Tetapi menurutnya, setan menakut-nakuti manusia jika bersedekah akan jatuh miskin atau fakir.

 Makanya hati manusia sering bimbang perihal sedekah yang banyak. Akibatnya banyak orang yang enggan mengeluarkan hartanya untuk bersedekah.
Dalam sebuah ulasan, Ahmad Muntaha AM, Wakil Sekretaris PW LBM NU Jawa Timur menuliskan lima manfaat membayar zakat: 

Pertama mendatangkan hidayah atau petunjuk dalam segala urusan. 

Kedua dengan membayar zakat seseorang dijanjikan pahala yang sangat besar yaitu masuk ke surga. 

Ketiga, membayar zakat juga berguna untuk mendatangkan ampunan dari Allah SWT atas berbagai kesalahan yang telah dilakukan.

 Keempat, zakat juga akan mendatangkan rahmat dan kasih sayang Allah SWT kepada pembayarnya.

 Kelima, menjadikan hartanya berkah, berkembang semakin baik dan banyak. (Ahmad Rozali/NU online)

Posting Komentar

0 Komentar