Deteksi Gempa Bumi Di Pinrang, BMKG Survey 2 Lokasi Pemasangan Alat Seismograf


Deteksi Gempa Bumi Di Pinrang, BMKG Survey 2 Lokasi Pemasangan Alat Seismograf



PINRANG,– Pihak Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Makassar berniat membangun shelter 2 alat Seismograf di 2 titik berbeda di Wilayah kabupaten pinrang.

Hal ini terungkap ketika pihak BMKG Makassar didampingi Pelaksana Tugas Kepala Badan penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten pinrang Mattalatta melakukan survey dan peninjauan lapangan, Jum’at (21/6/2019) guna menentukan titik lokasi tepat pemasangan Seismograf ini.

Sementara itu, Kepala Sub Bidang Pelayanan Jasa BMKG Makassar Siswanto yang dihubungi terpisah mengungkapkan, Pembangunan Shelter seismograf ini adalah tindak lanjut dari penandatanganan MoU antara pihak Pemerintah Kabupaten pinrang dan BMKG Makassar.

Lebih lanjut Siswanto mengungkapkan, salah satu faktor utama pemasangan alat pendeteksi gempa ini adalah agar proses analisis diharapkan menghasilkan desiminasi yang tepat, cepat, dan akurat sehingga kemanfaatannya dalam sistem peringatan dini dapat membuat masyarakat lebih adaptif dan meminimalisir jumlah korban bencana alam khusus gempa bumi.

Siswanto juga mengungkapkan, pemasangan alat ini adalah sebagai pelengkap dari sistem kerja sensor sensor pendeteksi yang telah dipasang sebelumnya di Kabupaten Lain, sensor seismograf yang di pasang di Pinrang ini nantinya akan mengirim data lebih cepat sehingga penanganan bisa secepatnya dilakukan jika terjadi bencana gempa bumi.

“ Kami sangat berharap, dengan adanya Pemasangan alat sensor ini, Kerja sama yang dibangun antara BMKG Sul Sel dengan dinas - dinas di Kabupaten Pinrang seperti BPBD dan Dinas Perikanan dan kelautan Kabupaten Pinrang terus berlanjut” Pungkas Siswanto. (*/Rls)

Posting Komentar

0 Komentar