Loading......

Idul Fitri, Momentum Membentuk Jati Diri Dan Merefleksi Hidup Kita


Abd Haris Kattong, ketua PMII cab. Pinrang 2013/2014

KULTUM,-- Hari Raya Idul Fitri Bagi Umat Muslim merupakan hari kemenangan, Tidak jarang momen tersebut menjadi Momen yang sangat tepat menumbuhkan kembali rasa kebersamaan dan persatuan.

Pasalnya banyak Melewati momen tersebut sebagai momen bertemu Dengan kerabat keluarga sahabat yang telah lama berpisah dan bertemu di kampung halaman menjalin silaturahmi.

Selain itu Banyak yang mengaitkan Hari Raya Idul Fitri sebagai hari untuk mudik, melakukan halal bihalal, menghidangkan berbagai macam makanan, hingga berkumpul bersama keluarga. Selama ini, hari raya Idul Fitri bagi umat Muslim Sebuah momen paling bermakna.

Sejatinya memaknai Hari raya idul Fitri  seseorang akan terdidik untuk bersifat amanah, karena sudah melalui namanya berpuasa ia sudah melatih dirinya agar amanah memelihara puasanya dari segala hal yang membatalkannya, meski pun orang lain tidak melihatnya.

Lewat Momen Hari raya idul Fitri menjadikan momen kemenangan dalam melawati hawa nafsu selama berpuasa di bulan ramadhan.

Dalam pernyataan yang di sampaikan ustadz Hobri dalam kultim ceramahnya, memaknai fitrah (kesucian) merupakan  gabungan tiga unsur : benar, baik dan indah. Sehingga, seseorang yang ber-Idul Fitri dalam arti kembali ke kesuciannya akan selalu berbuat yang indah, benar dan baik. Bahkan lewat kesucian jiwanya itu ia akan memandang segalanya dengan pandangan positif, ia selalu berusaha mencari sisi-sisi yang baik, benar dan indah. 

“Mencari yang indah melahirkan seni, mencari yang baik menimbulkan etika, mencari yang benar menghasilkan ilmu. Dengan pandangan demikian, ia akan menutup mata terhadap kesalahan, kejelekan dan keburukan orang lain. Kalaupun itu terlihat selalu dicarinya nilai-nilai positif dalam sikap negatif tersebut dan kalaupun itu tidak ditemukannya ia akan memberinya maaf bahkan berbuat baik kepada yang melakukan kesalahan,” ulasnya. (Rls)

Penulis ; Abd Haris Kattong, ketua PMII cab. Pinrang 2013/2014

Posting Komentar

0 Komentar