Loading......

Rugikan Petani Di Pinrang, Opt Tikus Makin Meningkat

Rugikan Petani Di Pinrang, Opt Tikus Makin Meningkat


PINRANG,-- Sehari sebelum hari pertama kerja usai Libur Idul Fitri tahun 2019, Minggu (9/6/2019) Bupati Pinrang Irwan Hamid bersama Kelompok tani Sipakainga 3 melakukan pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (Opt) tikus di lingkungan Tasokkoe Kecamatan Watang Sawitto.

Bupati Irwan mengungkapkan, perkembangbiakan dan Mobilitas hewan pengerat ini sangat tinggi sehingga memerlukan pengendalian untuk menghindarkan masyarakat petani dari kerusakan yang ditimbulkan.

Bupati Irwan melanjutkan, dirinya berharap para petani dari kelompok tani yang lain juga melakukan pengendalian serupa karena hal ini dapat memutus siklus perkembangbiakan tikus yang umumnya mempunyai mobilitas tinggi dengan berpindah dari 1 lahan ke lahan yang lain.

“Besok hari pertama kerja setelah libur lebaran, tapi hama khususnya tikus ini tidak ada liburnya. Perkembangbiakan dan mobilitasnya yang cepat serta daya rusak pada tanaman padi yang cukup tinggi, menyebabkan hama ini selalu menjadi ancaman pada tanaman padi,” ungkap Irwan.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Hortikultura Kabupaten Pinrang A.Tjalo Kerrang sangat mengapresiasi usaha keras para petani yang tergabung dalam Kelompok tani untuk melakukan upaya pengendalian, hal ini lanjut tjalo, diharapkan mampu dilakukan secara simultan agar opt yang menjadi momok menakutkan ini dapat dieleminasi atau setidaknya dapat dikurangi.

Dalam pengendalian opt (gropyokan) tikus ini, Bupati Irwan didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Hortikultura A.Tjalo Kerrang dan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi dan Mineral Hartono Mekka.(*/rls)

Posting Komentar

0 Komentar