SAHABAT NEWS NET

Recent Posts

Contributors

Ali Topan Pemuda Pinrang Pendiri Bank Sampah Yang Menginspirasi

Kamis, 04 Juli 2019

Ali Topan Pemuda Pinrang Pendiri Bank Sampah Yang Menginspirasi 


Hari Tanpa Kantong Plastik Sedunia
3 Juli 2019

PINRANG,--Selamat Hari Tanpa Kantong Plastik Internasional. Perjalanan panjang pendiri Bank Sampah Peduli Pinrang ini mengajak mengurangi kantong plastik dan selalu sosialisasi dampak bahaya yang di timbulkan.

Setiap tahunnya, tanggal 3 Juli diperingati sebagai International Plastic Bag Free Day atau Hari Tanpa Kantong Plastik Sedunia. Perlu diketahui, sekitar satu juta kantong plastik digunakan di seluruh dunia tiap menitnya, sementara kantong plastik sendiri memerlukan waktu hingga ratusan tahun untuk dapat terurai.

Selamat Hari Tanpa Kantong Plastik Internasional. Apakah Anda sudah mengganti tas plastik untuk membeli oleh-oleh dengan tas pakai ulang? Jika memang peduli bumi, baiknya per hari ini biasakan diri mengurangi penggunaan kantong plastik.

Hasil penelitian Jenna Jambeck, Indonesia menjadi negara kedua penghasil sampah plastik terbanyak di dunia, setelah Tiongkok. Banyak pihak meragukan hasil penelitian tersebut Badan Riset dan Sumber Daya Manusia (BRSDM) KKP berencana melakukan penelitian sampah plastik di perairan Indonesia untuk membantah data penelitian Jambeck itu Indonesia telah membuat rencana aksi nasional (RAN) pengelolaan sampah laut sejak dengan dana sebesar USD1 miliar dengan target 2025 pengurangan 70 sampah sampah plastik Penelitian LIPI menyebutkan mikroplastik mengancam ekosistem laut di Indonesia.

Ali Topan, S.Pd Pendiri Bank Sampah bertajuk Peduli mendidik generasi peduli tentang sampah khusus nya di Bumi Lasinrang sejak berdirinya Bank Sampah Peduli Pinrang sudah beberapa nasabah kami menabung sampah dengan sistem Pilah jenisnya, timbang, catat dan setiap nasabah kami berikan buku tabungan serta sudah ada beberapa masyarakat serta sekaloh sekolah yang menabung sampah. Semoga sistem ini bisa memberi kepedulian tidak membuang sampah serta memaknai sampah bukan cuman barang setelah di pake di buang tapi bisa di jadikan rupiah.(RLS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar