-->

Notification

×

Indeks Berita

BLH Pinrang, Gerakkan 3 R Mengurangi Produksi Sampah

Selasa, 09 Juli 2019 | Juli 09, 2019 WIB | 0 Views Last Updated 2019-07-09T05:53:53Z
BLH Pinrang, Gerakkan 3 R Mengurangi Produksi Sampah


PINRANG,-- Sampai saat ini, permasalahan sampah adalah permasalah yang sangat rumit untuk di kelola, usaha Pemerintah untuk mengurangi sampah menjadi salah satu program yang didengungkan pemerintah dari berbagai tingkatan.

Gerakan 3 R yang memiliki makna Reduce, Reuse dan Recycle atau mengurangi produksi sampah, memakai ulang dan mengolah kembali adalah salah satu program yang digadang dapat mengurangi tumoukan sampah utamanyansampah plastik.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup H. Sudirman, didepan anggota Bhayangkara Pinrang menjadi pemateri terkait pemanfaatan limbah laik pakai semisal limbah plastik yang masih bisa dimanfaatkan menjadi kerajinan tangan, Selasa (9/7/2019).

Didepan para isteri dari anggota Polri ini, Sudirman menelisik secara gamblang jenis - jenis sampah baik yang dihasilkan dari rumah tangga maupun industri.

Dalam paparannya, Sudirman mengungkapkan, sampah yang paling sulit untuk diurai adalah sampah anorganik dari jenis plastik, sampah ini menurutnya membutuhkan waktu yang sangat lama hingga dapat diurai oleh tanah.

Olehnya itu, lanjut Sudirman, usaha untuk mendaur ulang sampah plastik adalah cara paling bijak untuk menanggapi permasalahan ini, selain upaya untuk mengurangi penggunaan bahan - bahan berjenis plastik dalam kehidupan sehari - hari.

"Plastik hanya dapat diurai oleh tanah 20 - 1000 tahun, dan jni sangat berpengaruh buruk bagi keberlangsungan lingkungan" pungkas Sudirman.(*/Rls)

Coffee Ginseng 5 In 1

×
Berita Terbaru Update