Bank Sampah Peduli Pinrang Bermitra Bersama KPM PKH Dan Bank BTPN


Bank Sampah Peduli Pinrang Bermitra Bersama KPM PKH Dan Bank BTPN 


PINRANG,--Bank Sampah Peduli Pinrang sudah berjalan mensosialisakikan manfaat sampah serta mengubah sampah menjadi berkah.

Bank Sampah ini bermitra atas kesadaran bersama seluruh KPM sebagai wadah pemberdayaan masyarakat miskin dan marjinal. Keberadaan Bank Sampah ditengah-tengah masyarakat mampu menawarkan solusi terhadap 3 permasalahan sosial yaitu sumber daya manusia, pendapatan dan kelestarian lingkungan.

PKH sebagai salah satu program perlindungan sosial cluster pertama pada dasarnya adalah bantuan bersyarat yang bertujuan untuk memandirikan masyarakat miskin menuju keluarga sejahtera, bukan sebatas memberikan bantuan akan tetapi juga didukung dengan kegiatan FDS, kegiatan Capacity Building untuk penyadaran kritis KPM.

 Bank Sampah sendiri merupakan kegiatan yang dilakukan sebagai follow up setelah melakukan diskusi pada sessi ekonomi. Menabung bersama Bank Btpn wow dan menabung sampahnya di Bank Sampah Peduli Pinrang.

Memilah sampah dimulai dari lingkup rumah tangga, yang selama ini dibuang bebas dan tidak peduli terhadap kebersihan lingkungan. Namun sejak dibentuk Bank Sampah melalui proses sosialisasi pada setiap pertemuan rutin bulanan perlahan pola pikir KPM berubah dan tentu saja prilaku juga berubah.

Sampah mulai dihargai sebagai sesuatu yang berharga dan bisa berubah menjadi rupiah, tentu saja menjadi salah satu sumber pendapatan juga, mengingat selama ini KPM susah untuk menabung uang, maka tidak ada salahnya yang ditabung adalah sampah dan mengubahnya menjadi rupiah, terpenting adalah KPM lebih perduli terhadap kelestarian lingkungan sebab sampah sangat berpotensi mendatangkan bencana.

Keberadaan Bank Sampah ini juga memberikan edukasi kepada generasi penerus bangsa untuk lebih peduli terhadap lingkungan, tidak membuang sampah sembarangan, dan ketika melihat sampah dipungut untuk ditabung oleh ibu mereka, demikian halnya dengan para suami KPM ketika mereka melakukan aktivitas sehari-hari kemudian melihat sampah, maka akan dipungut dibawa pulang untuk ditabung.

Sehingga kini pernyataan yang muncul setiap pertemuan rutin KPM ". Setiap pertemuan bulanan KPM membawa sampah untuk ditabung, Semoga ini membuat Pinrang Bebas Sampah.(Rls/Ali)

Posting Komentar

0 Komentar