SARANA HARIAN BERITA TERKINI

Recent Posts

Contributors

Pemkab Pinrang Raih Penghargaan STBM Dari Menteri Kesehatan RI

Rabu, 02 Oktober 2019
Pemkab Pinrang Raih Penghargaan STBM Dari Menteri Kesehatan RI


PINRANG,-- Pemerintah Kabupaten Pinrang, Selasa (2/10/2019) berhasil meraih 3 penghargaan dari Kementerian Kesehatan RI.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Bupati Pinrang, Irwan Hamid dan diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan, Nila Farid Moeloek.

Penyerahan Penghargaan ini bertepatan dengan momen Hari Kesehatan Lingkungan Sedunia Ke 9 Tahun 2019 di Auditorium Siwabessy Gedung Prof. Sujudi Kementerian Kesehatan RI, Jakarta.

Kabupaten Pinrang berhasil meraih Penghargaan untuk kategori Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Berkelanjutan. STBM ini merupakan pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan.

STBM menjadi acuan nasional untuk program sanitasi berbasis masyarakat sejak lahirnya Kepmenkes No 852/Menkes/SK/IX/2008 tentang Strategi Nasional Sanitasi Total Berbasis masyarakat.

Kabupaten Pinrang yang juga disebut Bumi Lasinrang, berhasil meraih Penghargaan ini dengan berbagai inovasi. Pertama, dompet jamban. Kegiatan ini dengan cara mengumpulkan dana baik bantuan pemerintah, CSR serta bantuan masyarakat untuk dipergunakan membangun jamban.

Kedua, melalui arisan jamban. Arisan Jamban ini memakai metode membayar secara bergiliran untuk membangun jamban Anggota arisan secara bertahap setiap bulan.

Selanjutnya, kegiatan Gertak Sayang JK, yaitu gerakan serentak sayang jamban keluarga dengan melakukan identifikasi wilayah di setiap desa dan kelurahan utk mengetahui keluarga yang belum memiliki jamban.

Yang terakhir L2T2, yaitu layanan lumpur tinja terjadwal, Pemerintah telah mengeluarkan edaran terkait kegiatan ini dengan memberikan pelayanan penyedotan limbah tinja secara periodik dan terjadwal.(humas pinrang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FEED NEWS