SARANA HARIAN BERITA TERKINI

Recent Posts

Contributors

UPT SDN 195 Pinrang Edukasi Siswa Terkait Bank Sampah

Selasa, 08 Oktober 2019
UPT SDN 195 Pinrang Edukasi Siswa Terkait Bank Sampah 



PINRANG,--UPT SDN 195 Pinrang (Malimpung) kecamatan patampanua kab.pinrang Tumbuhkan Karakter Disiplin, Peduli Lingkungan & Cinta Kebersihan Sejak Dini melalui pengelolaan Sampah. 

Rasa sadar lingkungan harus dimiliki oleh semua orang, tidak hanya orang tua yang harus memiliki perilaku mencintai lingkungan, anak-anak yang nantinya akan menjadi penentu bangsa juga harus mulai diberi pendidikan mengenai mencintai dan menjaga lingkungan sejak masih kecil. Dengan diberikan pendidikan tersebut, akan membuat anak-anak tumbuh dengan rasa kepeduliannya kepada lingkungan. 

Bank sampah merupakan salah satu program pemerintah untuk pelestarian lingkungan serta pemanfaatan sampah menjadi barang-barang yang bernilai jual. Ujar" Ali Topan Pendiri Bank Sampah Peduli Pinrang.

Gerakan Peduli sampah cukup beragam diantaranya yang pertama pengelolaan sampah harian. Dengan target menumbuhkan karakter disiplin, peduli lingkungan dan cinta kebersihan peserta didik meletakkan sampah sesuai dengan kategori dan tempat sampah yang disediakan berupa sampah layak kreasi, sampah layak buang dan sampah layak jual.

Kedua program sedekah sampah yaitu peserta didik dan warga sekolah membawa sampah layak sedekah menuju bank sampah yang ada di sekolah Dengan dibantu guru yang mencatat, siswa melakukan pemilahan dan memasukkan sendiri kedalam karung sampah layak sedekah dan layak tabung. Setelah merlakukan pemilahan siswa diharuskan untuk mencuci tangannya terlebih dahulu sebelum masuk kelas. 

Adapun program ketiga pembuatan kompos yang mana targetnya peserta didik bisa membuat kompos, disamping itu terpenuhinya kebutuhan kompos sebagai bahan penunjang penghijauan sekolah meski daerah kami kurang air tapi kami gunakan menam dengan cara infus.

Sedangkan yang keempat, bank sampah sebagai salah satu sarana sumber belajar. Dengan beragam sumber belajar yang ada diharapkan peserta didik memiliki pengalaman yang akan bermanfaat dalam kehidupannya. Ujar Kepala Sekolah UPT SDN 195 Harmia Madjid, S. Pd.

Adapun 11 sampah layak sedekah yang dikelola oleh UPT SDN 195 Pinrang adalah sebagai berikut
1. Sampah Atom yang berupa tutup botol, sendok plastik, cakram CD, ember bekas dll.
2. Sampah Pet yang berupa botol kemasan soft drink.
3. Sampah Duplek berupa bekas bungkus susu kotak, kardus snack, dus khajatan dll.
4. Sampah Plastik Refil diantaranya plastik refil bekas minyak goreng, kecap dan plastik pembersih piring.
5. Sampah Kardus Tebal diantaranya kardus mie instan dll.
6. Sampah Alumunium yang berupa bekas minuman kaleng dll.
7. Sampah Botol HDPE berupa botol shampo, botol sabun, botol lotion dll.
8. Sampah PP Warna diantaranya bekas minuman gelas plastik kemasan berwarna.
9. Sampah PP Bening berupa bekas gelas air minum yang bening.
10. Semua jenis kantongan pelastik utk di jadikan ecobrick.
11. Serta yang terakhir sampah Kaleng Bekas berupa kaleng susu, biskuit atau yang lainnya. 

Hal tersebut Berlandaskan Visi yang sangat mulia untuk mewujudkan sekolah yang bersih, indah dan sehat sebagai upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, dan kami mengucapkan terima kasih buat Ali Topan yang sudah sosialisasi tentang pengelolahan sampah yang bisa merubah sampah menjadi berkah“Diharapkan dengan sedekah sampah dan tabung sampah yang dikelola dapat mewujudkan cita-cita bersama aamiin ya rabbal alamin.”Ungkap kepala sekolah UPT SDN 195 Pinrang Harmia Madjid, S. Pd."(Rls)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FEED NEWS