-->

Notification

×

Indeks Berita

IGI Sul-Sel; 4,2 Juta Guru dan dosen Di Paksa Mengajar dari Rumah

Senin, 18 Mei 2020 | Mei 18, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-05-18T05:36:39Z
ketua wilayah igi Sulsel Abdul Wahid Nara, S.Pd. M.Pd.


PINRANG,--Pandemi virus korona (covid-19) mengakibatkan perubahan secara tiba-tiba dalam keseharian individu dan aktivitas masyarakat, membawa dampak perubahan yang luar biasa untuk semua bidang. Salah satunya bidang pendidikan, sehingga belajar dari rumah merupakan keniscayaan.


Sekitar 4,2 juta guru dan dosen dipaksa mengajar dari rumah,  68,8  juta pelajar sekolah dasar dan menengah melakukan pembelajaran dari rumah di 646,2 ribu satuan pendidikan yang tersebar diseluruh Indonesia

Hal tersebut terungkap pada kegiatan dialog webiner yang digelar Ikatan Guru Indonesia (IGI) Sulsel minggu ini (16/5)  yang bertindak sebagai nara sumber Hamid Muhammad, M.Sc, Ph.D  Plt. Dirjen PAUD, Diknas, Dikmen Kemendikbud RI, Muhammad Ramli, S.Si. Ketua Umum IGI Pusat,  Dr. H. Basri, S.Pd. M.Pd. Plt. Kepala Dinas Pendidikan Sulsel yang dipandu lansung oleh ketua wilayah igi Sulsel Abdul Wahid Nara, S.Pd. M.Pd.

Pandemi virus korona (covid-19) mengakibatkan perubahan secara tiba-tiba dalam keseharian individu dan aktivitas masyarakat, membawa dampak perubahan yang luar biasa untuk semua bidang. Salah satunya bidang pendidikan, sehingga belajar dari rumah merupakan keniscayaan.

Dalam diskusi tersebut, beberapa data diungkapkan oleh Hamid Muhammad bahwa proporsi penerapan belajar dirumah yaitu 97,6 persen terlaksana dan hanya 2,4 persen tidak terlaksana dengan berbagai kendala diantaranya belum ada jaringan internet, daerah pedalaman, bukan daerah terjangkit covid 19 dan beberapa alasan lain.
"Kami juga telah menyiapkan akses pe,nelajaran daring diantaranya, rumah belajar, google for education dan beberapa aplikasi lainnya" jelas Hamid. "Kami juga menyiapkan kuota gratis serta siaran pembelajaran lansung melalui RRI dan TVRI"tambahnya.
Hal lain juga terungkap bahwa tantangan belajar dirumah dengan mekanisme daring adalah penyediaan akses fasilitas pendukung dan banyak tugas yang dibebankan oleh guru kepada siswa karena mengejar ketuntasan kurikulum "padahal mestinya guru melakukan penyederhanaan aktivitas belajar" papar dirjend dikdasmen ini.
Namun, tentunya dalam pembelajaran dari rumah ini memiliki kendala yang dihadapi siswa dan guru diantaranya kemampuan guru dalam memgoperasionalkan perangkat digital, ketersediaan sarana dan prasarana yang dimiliki siswa, faktor dukungan internal dan lingkungan siswa serta berbagai kendala lainya."ini membuat masih banyak guru yang tidak melakukan pembelajaran interaktif" jelas Hamid Muhammad.
Sementara itu ketua umum IGI Pusat Ramli Rahim menjelaskan jika lembaga guru yang dipimpinnya jauh sebelumnya telah melakukan pelatihan yang mendukung pembelajaran dari rumah " kami telah lama bergerak melakukan pelatihan di seluruh wilayah Indonesia melalui kanal pelatihan igi" jelasnya. "Meskipun tanpa anggaran dari pemerintah kami terus bergerak" tambah Ramli.
Hal senada diungkapkan Plt. Kadisdik Sulsel H.Basri bahwa kesiapan Belajar dari rumah telah diantisipasi dengan berbagai kebijakan yang dilakukan untuk mendukung pembelajaran dari rumah bisa lancar "kami juga sudah bekerjasama dengan RRI serta beberapa penyedia layanan on line" jelasnya.
"Kami memberi apresiasi kepada IGI yang turut serta berperan dalam membantu guru dalam memperlancar pembelajaran dari rumah dan menambah kecakapan guru dalam berbagai aplikasi" jelas mantan Kabid Pendidikan SMA.

Sementara itu ketua IGI Sulsel Abdul Wahid Nara dalam kata penutupnya berharap musibah wabah covid 19 ini dijadikan ajang untuk mengasah diri, pada sesuatu yang baru, untuk melakukan lompatan pembelajaran yang lebih tinggi atau lebih jauh kedepan, dengan memadukan pembelajaran tatap muka lansung dan pembelajaran on  line kedepannya. (iwa)


Coffee Ginseng 5 In 1

×
Berita Terbaru Update