Resmi Dibuka Di Pinrang, Kawasan Budidaya Kakap Putih

Resmi Dibuka Di Pinrang, Kawasan Budidaya Kakap Putih


PINRANG, -- Direktur Jenderal Budidaya Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Slamet Soebjakto dan Wakil Bupati Pinrang Drs.H.Alimin, M.Si meluncurkan secara resmi Kawasan Budidaya Kakap Putih, Rabu (10/7/2019) di kelurahan Pallameang Kecamatan Mattiro Sompe.

Dalam gelaran ini, Soebjakto didampingi Wabup Alimin juga menyerahkan secara langsung bantuan benih kakap putih kepada pembudidaya setempat.

Kepala Balai Perikanan Budidaya Laut Ambon, Tinggal Hermawan menyampaikan kawasan di Mattiro Sompe ini akan dijadikan percontohan kawasan Kakap Putih. Kesempatan kali ini, lanjut Tinggal, Sebanyak 200 ribu benih akan disebar.

 Sebelumnya di tahun 2018, kata Tinggal, kakap putih juga telah diberikan bantuan sebanyak kurang lebih 680 ribu benih Kakap Putih.
Sementara itu dalam sambutannya, Wabup Alimin menyampaikan potensi Pinrang di sektor Perikanan sangat menjanjikan. 

Hal ini, lanjut Wabup dapat dilihat dari potensi geografis Kabupaten Pinrang dengan bentangan garis pantai yang panjang.
Olehnya itu Alimin berharap, kedatangan Dirjen Budidaya Perikanan di Pinrang dapat mendorong sektor perikanan yang ada di Pinrang khususnya kawasan Budidaya Kakap Putih untuk dapat lebih berkembang.

Dikesempatan yang sama, Soebjakto menyampaikan launching kawasan Kakap Putih di Pinrang merupakan Launching yang pertama di Indonesia. Menurutnya, Kabupaten Pinrang sudah tidak asing baginya. 

Dirjen mengaku telah beberapa kali ke Pinrang dan mengetahui sejak lama potensi Pinrang dalam sektor Perikanan ini.

Melaunching Kawasan Budidaya Kakap Putih, kata Dirjen bertujuan agar fokus terhadap perkembangan budidaya Kakap Putih. Sehingga, lanjutnya, pengembangan budidaya kakap putih dapat lebih berkembang. 

Putih dipilih, kata Dirjen karena banyak orang yang menyukai jenis ikan ini. Selain itu, potensi pasar Kakap Putih juga sangat menjanjikan hingga menembus ke pasar ekspor.

Dalam acara ini, Soebjakto dan Wabup Alimin juga berkesempatan melepas benih Kakap Putih di salah satu tambak milik petani.

Adapun Kelompok Tani yang menerima bantuan benih Kakap Putih yakni Kelompok Rawa Subur Lapolo Balena, Kelompok Bina Gau, Kelompok Sipakamase dan Kelompok Sipakatau. Sementara yang menerima bantuan benih Udang Windu yakni Kelompok Cempae, Kelompok Paoe Pawe, Kelompok Rimi, Kelompok Laurung, Slaokoe, Bajiminasa dan Reso Pammase.(*/Humas)

Posting Komentar

0 Komentar