-->

Notification

×

Indeks Berita

​SAHABAT NEWS : Tradisi Massiara Na Mabbolo Kiburu Ala Suku Bugis Pinrang Usai Lebaran

Senin, 26 Juni 2017 | Juni 26, 2017 WIB | 0 Views Last Updated 2018-03-14T02:40:52Z

Tradisi Massiara Na Mabbolo Kiburu Suku Bugis Pinrang Usai Lebaran yang di lakukan keluarga Besar Almr. H.Kattong Pasiama. Senin (26/6)

PINRANG -- Salah satu kegiatan yang masih sering dilakukan masyarakat di Hari Lebaran adalah berziarah ke makam Kerabat "Mabbolo Kiburu" Dan Ziarah ke Sanak Keluarga "Massiara" Dalam Bahasa Bugis Pinrang.

Sebagai bentuk tradisi Ziarah ke sanak keluarga Teman Sahabat "Massiara" Yang di lakukan Suku Bugis Pinrang biasanya Rata-rata mereka datang berombongan dengan keluarga untuk bersilaturahmi.

Tradisi ini biasa berlangsung hingga tiga hari Lebaran bahkan seminggu lebih. Peziarah alias Massiara Tak hanya di lakukan Kekerabat keluarga saja Namun Juga Di lakukan oleh Pemerintah setempat

saat Lebaran juga berziarah. Tradisi Massiara Na Mabbolo Kiburu (Siara Kekerabat dan Ziarah Kuburan) dipertahankan karena bisa berkumpul bersama keluarga dan serta mendoakan para orangtua.

Di kalangan masyarakat Bugis Pinrang, tradisi ini juga biasa dilakukan  menjelang puasa Ramadan serta saat Lebaran tiba. Namun sebagian masyarakat ada yang hanya datang berziarah kala menjelang puasa.(*)

Penulis   : Har

Editor      : Abdoel



Coffee Ginseng 5 In 1

×
Berita Terbaru Update