-->

Notification

×

Indeks Berita

Progres Mitra Kamtibmas, Kapolres Kumpul Binmas

Jumat, 06 Oktober 2017 | Oktober 06, 2017 WIB | 0 Views Last Updated 2018-03-14T02:24:20Z
[caption width="690" align="alignnone"]​Ket foto :  Kapolres Sidrap AKBP Witarsa Aji mengumpulkan personil Satuan Bimbingan Masyarakat (Binmas) dan Humas Polres Sidrap[/caption]







SIDRAP,-- Mengimplementasikan hasil pembentukan Mitra Kamtibmas yang tersebar di 11 kecamatan di Sidrap.






Kapolres Sidrap AKBP Witarsa Aji,SIk, SHMH, mengumpulkan personil Satuan Bimbingan Masyarakat (Binmas) dan Humas Polres Sidrap untuk mengevaluasi progres polisi masyarakat yang sudah mencapai 1600 warga yang direkrut menjadi Mitra Kamtibmas Polres Sidrap.






Kapolres Sidrap menjelaskan pentingnya dibentuk Mitra Kamtibmas karena ingin melibatkan masyarakat bagian dari tugas Polri dalam menciptakan situasi yang lebih kondusif lagi.






"Disini kita libatkan masyarakat sebagai Mitra Kamtibmas. Disini yang terlibat adalah tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan masyarakat yang berpengaruh dilingkungannya,"ungkap Witarsa, diruang kerjanya, Kamis (5/10/2017).






Menurutnya, terbentuknya mitra Kamtibmas ini melatar belakangi pentingnya keamanan dan kenyamanan masyarakat dilingkungan.






Paparan Kapolres ini polisi mitra kamtibmas progresnya mendeteksi dini, komunikasi, koordinasi dan informan. Selain itu, tugas-tugasnya, penyuluhan hukum, ikut menyelesaikan kasus yang bisa di selesaikan secara kekeluargaan dan dimediasi ditingkat bawah.






"Disitu secara sistematis kita koordinasi, komunikasi, kemudian mengambil keputusan dalam bertindak,"lontarnya.






Witarsa memaparkan mitra kamtibmas ini terbentuk secara sistematis dan berkepanjangan.






Kapolres menambahkan saat ini Mitra Kamtibmas kan ditarget hingga 3000 orang yang tersebar di 108 Desa dan Kelurahan di 11 kecamatan.






Sidrap memiliki luas wilayah mencapai 1.884 kilometer persegi dengan jumlah penduduk 289.747 jiwa.






Disini, lanjut Witarsa, keterbatasan personil Polres yang hanya mencapai 477 orang anggota Polres dengan kalkulasi 1 orang anggota polisi menjaga 608 orang warga.






"Ini belum termasuk harta benda bergerak maupun non bergerak masyarakat yang belum dijaga. Nah target 3.000 orang mitra kamtibmas ini akan bersinerji menjaga kondisi keamanan yang lebih kondusif lagi.






"Disini kita membangun sistematis secara tidak langsung melibatkan masyarakat menjadi polisi. Kalau itu semua berjalan pasti sistem Pembangunan juga berjalan dengan baik,"paparnya.






Untuk itu, harapan Witarsa program Mitra Kamtibmas ini berjalan dengan baik dalam jangka panjang. "Tidak berhenti setelah saya pindah tugas, ini akan terus berkelajutan siapapun nantinya pucuk pimpinan di Polres Sidrap ini,"harapnya. (*)







Penulis.  : Ajd/Rlis
Editor.     : Abdoel

Coffee Ginseng 5 In 1

×
Berita Terbaru Update