Recent Posts

Contributors

Maraknya Konflik Sosial Karena Politik, Ini Solusi GP Ansor Pinrang

Kamis, 17 Januari 2019
Ketua PC. GP. Ansor Pinrang (Salman) 


PINRANG,--Maraknya konflik sosial karena politik, Gp. Ansor Pinrang himbau politisi berikan pendidikan politik.

Dalam diskusi rutin di Reg Cafe, Ketua PC. GP. Ansor Pinrang (Salman) Menyikapi Perbedaan pilihan politik yang semakin sensitif. Kita berharap masyarakat agar tetap cerdas dan dewasa dalam menyikapi kondisi perpolitikan belakangan ini.
Sehingga tidak boleh pesta demokrasi justru menjadi sumber pemicu konflik sosial di Kab.Pinrang.
"Di daerah lain kita bisa menyaksikan bagaimana perbedaan politik menjadi penyebab kerusuhan, bahkan sampai ada yang kuburan yang dipindahkan. Ini merupakan fenomena yang mengerikan serta wajib diantisipasi oleh kita semua,"Kata Salman.

Lanjutnya kata dia, "Sangat disayangkan jika pesta demokrasi yang seharusnya menjadi momentum melahirkan pemimpin terbaik justru dirusak oleh oknum yang sengaja memprovokasi dengan sengaja membangun opini negatif, gagasan pesimis, serta fanatisme berlebihan  hanya karena kepentingan politik. Ini tentu sangat berbahaya jika sudah dianggap sebagai sesuatu yang lumrah,"tuturnya.

Tambahnya, "Belum lagi, kita temukan issu agama yang sengaja dijadikan sebagai komoditas politik menyerang kelompok lain. Seolah-olah ada kelompok yang sedang memperjuangkan agama melawan kelompok yang anti agama. Sampai pada legitimasi surga neraka. Rekayasa politik semacam ini meskipun efektif menyentuh emosi dan psikologi masyarakat namun sangat berbahaya dan akan menjadi sumber konflik terbuka yang sulit dikendalikan bahkan oleh kelompok yang sengaja menciptakannya,".

"Olehnya itu, kami berharap agar para politisi khususnya di Kab. Pinrang agar tetap berkomitmen untuk tetap menyampaikan pendidikan politik kemasyarakat. Bangunlah narasi yang positif, sampaikan gagasan yang membangun serta didiklah masyarakat untuk menghargai perbedaan pandangan, memahami perbedaan pilihan. Mulailah dari diri politisi selaku figur politik. Jangan justru menjadi sumber provokasi, sumber teror politik yang dapat mengorbankan kedamaian serta meruntuhkan peradaban ketimuran yang selama ini senantiasa mengedepankan sikap saling menghargai dan menghormati,"tegasnya.

ketua GP Ansor Pinrang
PC GP. Ansor Pinrang juga menegaskan, adanya kelompok radikal yang memanfaatkan momentum politik ini wajib diwaspadai. Jangan sampai kelompok yang selama ini mengkampanyekan agenda khilafah yang ingin mengubah dasar negara kita perlahan masuk mengisi ruang politik untuk memuluskan visi dan gerakan transinternasional yang selama ini mereka perjuangkan.(hmd/Rls)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KLIK CHANNEL YOUTUBE KAMI