Perangi Sampah, Siswa DDI Pinrang Barat Buat "Ecobrick" bersama Bank Sampah Peduli Pinrang

Perangi Sampah, Siswa DDI Pinrang Barat Buat "Ecobrick" bersama Bank Sampah Peduli Pinrang

PINRANG,--Program Bank Sampah Peduli Pinrang, untuk mengurangi sampah pelastik dengan cara ecobrik sangat bagus karna dapat mengurangi sampah berterbangan di jalan (terhambur) ratusan siswa dan Guru DDI Pinrang Barat, Kec. Watang Sawitto, Pinrang membuat ecobrick dari sampah plastik.Senin, 30 Sep 2019


Karmila, S. Pd.i , Guru Penggiat Bank DDI Pinbar Sampah  mengatakan, pembuatan ekobrick dilakukan untuk ikut serta siswa dalam memanfaatan sampah plastik yang banyak ditemukan.

“Memanfaatkan sampah plastik di rumah yang tidak terpakai. Nanti mau bikin kursi dll dari ecobrick,” ujarnya.


Kepala Sekolah DDI Pinrang Barat Muh. Ajis, S. Ag., MA mengatakan, keterlibatan siswa dalam pembuatan ecobrick merupakan salah satu bentuk pendidikan sejak dini agar siswa peduli dengan pengelolan sampah plastik.

Setiap 2 kali seminggu siswa akan  diwajibkan membawa sampah plastik ke sekolah sebagai bentuk infak sampah serta ecobrick.

“Setelah terkumpul kami akan buat karya daur ulang serta budayakan menabung sampah,“ Ungkap Andi Rismayanti, S.Pd penggiat Adiwiyata DDI Pinbar.

Sementara Bank Sampah Peduli Pinrang Sintya Rahmawati Usman yang memberikan pengajaran dalam pembuatan ecobrick mengatakan, dengan membuat ecobrick para siswa diajarkan untuk membuat karya dari sampah.

Ecobrick mengajak siswa turut serta dalam memerangi sampah plastik, karena pembuatan ecobrick membutuhkan sampah plastik dalam jumlah banyak sehingga dapat sampah bisa di manfaatkan kembali.

“Siswa kami ajak memerangi sampah. Ecobrick ini cara paling mudah untuk dilakukan dan banyak menyerap sampah plastik. Rencananya kami akan ajarkan membuat kursi atau tempat sampah dengan menggunakan ecobrick, dan lain lain nya,

" semoga niat baik kita untuk mengurangi sampah  tercapai mariki jangan buang sampah'ta di sungai , mariki mengubah sampah menjadi berkah, Program Bank Sampah Peduli Pinrang Sedekah Sampah'ta dan tabung sampah'ta "ungkap. Pendiri Bank Sampah Peduli Pinrang Ali Topan.(Rls)