Recent Posts

Contributors

Atasi Masalah Sampah, Bank Sampah Pinrang Sambangi Camat Paleteang

Jumat, 08 November 2019
Atasi Masalah Sampah, Bank Sampah Pinrang Sambangi Camat Paleteang


PINRANG,--Camat Peleteang Mengajak Warganya Menabung Sampah Bekerja Sama Bank Sampah Peduli Pinrang.

Masalah sampah bukanlah permasalahan yang bisa dibiarkan begitu saja. Diperlukan tindakan nyata dan kerjasama oleh setiap lapisan masyarakat.

Timbunan sampah yang terus menumpuk akan berakibat buruk bagi kesehatan lingkungan serta menimbulkan berbagai penyakit dan sampah rumah tangga merupakan penyumbang sampah terbesar. Sementara, Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang tersedia tidak akan bisa menampung sampah yang terus menerus dihasilkan masyarakat jika masyarakat tidak mulai bertindak untuk mengurangi sampah yang dihasilkan.

Untuk itulah penanganan masalah sampah harus dimulai dari sumbernya. Bank sampah adalah suatu sistem pengelolaan sampah kering secara kolektif yang mendorong masyarakat untuk berperan serta aktif di dalamnya. Sistem ini akan menampung memilah, dan menyalurkan sampah bernilai ekonomi pada pasar sehingga masyarakat mendapat keuntungan ekonomi dari menabung sampahnya sendiri.

Fakhrullah HM (Camat Paleteang) mengajak warganya menabung sampah untuk mengurangi sampah dan kesadaran kita tentang permasalahan sampah dengan motto "walau tidak mewah, tapi bersih" ujarnya, 

Ali Topan (Pendiri Bank Sampah Peduli Pinrang)
Mariki budayakan 3R pada diri kita
1. Reuse Dalam Keseharian (Menggunakan Kembali):
2. Reduce Dalam Kehidupan Sehari-Hari (Mengurangi Pemborosan):
3. Recyle Dalam Kehidupan Sehari-hari (Daur Ulang)
Bank sampah adalah tempat yang dimanfaat untuk mengumpulkan sampah . Sampah yang sudah dipilah-pilah. 

Sampah yang nantinya akan disetorkan ke tempat pembuatan kerajinan tangan atau ke tempat pengempul sampah atau bank itu sendiri bisa menyalurkannya. Bank sampah dikelola oleh petugas bank sampah. Penyetornya adalah masarakat sekitar bank sampah.
Diadakan bank sampah  selain untuk  mengelola sampah yang ada juga sebagai tempat edukasi masarakat agar mau sadar akan lingkungan sekitarnya. 

Manfaat dari bank sampah bagi masarakat sangatlah penting. Agar kepedulian masarakat akan sampah bisa terwujud lewat kegiatan bank sampah itu sendiri. Dari sampah yang ada bisa didapat nilai ekonomis. Akibatnya bank sampah harus bekerja sama dengan masarakat karena tak bisa berdiri sendiri. Juga harus diintegrasikan dengan gerakan 3 R sehingga manfaat yang didapat dari sampah bukan hanya nilai ekonomi tapi lingkungan yang bersih dan sehat. 

Cara kerja bank sampah hampir sama dengan bank penyimpanan uang. Nasabah menyetor sampah yang akan ditimbang dan disetor dan dicatat di buku rekening. Syarat sampah yang bisa disetorkan di bank sampah adalah sampah anorganik. Sampah  yang bisa disetorkan adalah sampah plastik (kresek, wadah putih,  botol minuman,bungkus kopi, indomi, ember), kertas (koran, kardus,bungkus semen, bungkus nasi, kertas putih/buku), kaleng (panci/kaleng susu, biskuit, cat) , logam, alat elektronik dll. Mariki tabung sampah"ta, sedekah sampah di Bank Sampah Peduli Pinrang... Untuk info wa 085395070225 (Ali Topan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KLIK CHANNEL YOUTUBE KAMI