Artikel Terbaru

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Lakpesdam NU Pinrang Gelar Workshop Literasi Moderasi Islam

Lakpesdam NU Pinrang Gelar Workshop Literasi Moderasi Islam


PINRANG,-- Lembang Banon NU Yang tergabung dalam Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) NU Kabupaten Pinrang menggelar kegiatan Workshop Literasi  Moderasi Islam.

Kegiatan yang diikuti 30 peserta dari beberapa utusan Lembang Mahasiswa Akademisi maupun pondok pesantren ini digelar di Aula Kemenag, Jl Bintang, Kecamatan Watang Sawitto, Kabupaten Pinrang, Minggu-Senin (3-4/11/2019).

Ketua Lakpesdam NU Pinrang Subair mengatakan, kegiatan itu bertujuan untuk melatih kreatifitas pemuda nahdiyyin dalam mengampanyekan moderasi Islam lewat tulisan.

" Ini penting, agar gagasan moderasi Islam itu bisa dikonsumsi banyak kalangan," katanya saat menyampaikan laporan dalam pembukaan, Minggu (3/11/2019).

Selain itu, ucap Subair, workshop ini juga bagian dari ajang mengasah kemampuan peserta dalam mengelola tulisan yang telah dibuat.

"Tulisan yang dibuat harus dikelola agar banyak pembacanya. Misal dengan menerbitkannya di blog atau menyebarluasaknnya di media sosial," paparnnya.

Menurut Subair, hal itu penting untuk dilakukan seiring maraknya konten radikalisme tersebar di ruang-ruang maya.

"Data BNPT menyebutkan, dari ratusan media daring yang ada, hanya bekisar 10 hingga 20 yang dipastikan memuat konten moderat. Artinya, kita kalah di ruang maya," Pungkasnya

sementara, Ketua NU Pinrang KH Sudirman Daud hadir membuka acara tersebut.

"Acara ini patut diapresisi. Semoga melahirkan penulis-penulis muda yang siap mengampanyekan Islam rahamatan lil alamin," pungkas Sudirman yang juga Kepala Kemenag Pinrang ini.

Turut hadir dalam kegiatan, Anggota DPRD Provinsi Sulsel H Azhar Arsyad, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar Dr H A Marjuni, Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Arab UINAM Dr Rappe, dan Pembina Lakpesdam NU Pinrang H Alimuddin Budung.(Rls)