Artikel Terbaru

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

HPSN 2020, Sejumlah Elemen Pemuda Pinrang Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan

HPSN 2020, Sejumlah Elemen Pemuda Pinrang Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan



PINRANG,--Hari Peduli Sampah Nasional Diperingati Hari Ini, dengan tujuan kami berjuang untuk menebar rasa peduli tentang lingkungan.


Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional jatuh hari ini, untuk berkontribusi pada lingkungan berikut tips sederhana untuk menghindari polusi sampah

 - Hari ini masyarakat Indonesia sedang memperingati Hari Peduli Sampah Nasional diperingati rutin setiap 21 Februari.

Melansir dari Kementerian Lingkungan Hidup, peringatan ini dicanangkan pertama kali pada 21 Februari 2006 oleh Kementerian Lingkungan Hidup sebagai Hari Peduli Sampah.

Latar belakang munculnya ide peringatan tersebut muncul juga adanya desakan dari sejumlah pihak untuk mengenang peristiwa di Tempat Pembuangan Akhir (TPA)Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat pada 21 Februari 2005 lalu.

Pada saat itu di Leuwigajah terdapat tumpukan sampah yang menjadi mesin pembunuh yang merenggut nyawa lebih dari 100 jiwa.

Peristiwa naas tersebut terjadi akibat curah hujan yang tinggi dan munculnya ledakan gas metana pada tumpukan sampah.

Akibat tragedi tersebut setidaknya 157 nyawa melayang dan dua kampung yaitu Cilimus dan Pojok hilang dari peta karena tertimbun longsoran sampah yang berasal dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Leuwigajah.

Tragedi yang merenggut nyawa tersebut kemudian memicu dicanangkannya Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati tepat pada tanggal 21 Februari saat insiden terjadi.

Seperti yang kita ketahui, sampah telah menjadi persoalan yang dihadapi masyarakat global. Ujara " Ali Topan (Bank Sampah Peduli Pinrang.
Sastra MTMA Pinrang kegiatan ini kami lakukan setiap tahun dalam hal mengajak kader untuk peduli lingkungam bukan sekedar hari peduli sampah kami lakukan tapi kami mengajak kader setiap bulan melakukan aksi peduli Lingkungan "Ujarnya.

Ir.  Sudirman (Kadis Lingkungan Hidup Pinrang) Semakin banyak yang peduli maka akan tercipta menuju Pinrang Bebas Sampah sesuai tema HSPN 2020 " Indonesia Bersih,  Indonesia Maju,  Indonesia Sejahtera" Ujarnya.(ali/Rls)