Recent Posts

Contributors

Semarak, Kemeriahan Puncak Peringatan Hari Jadi Kabupaten Pinrang Ke 60

Rabu, 19 Februari 2020
Semarak, Kemeriahan Puncak Peringatan Hari Jadi Kabupaten Pinrang Ke 60 


PINRANG,-- Salah satu daerah penyangga pangan nasional. Itulah Kabupaten Pinrang. Daerah yang berjuluk Bumi Lasinrang hari ini, Rabu (19/2/2020) genap berusia 60 tahun.

Banyak tokoh tokoh penting datang ke Pinrang hari ini. Gubernur Sulsel, Prof. Nurdin Abdullah beserta Ketua TP PKK Sulsel, Liestiaty F Nurdin tampak duduk di panggung kehormatan. Kedatangannya disambut dengan tari Pa'duppa sebagai tanda penghormatan kepada tamu. Terlihat mendampingi Bupati Pinrang, Irwan Hamid dan Ketua TP PKK Pinrang, Andi Sri Widiyati Irwan.

Para pejabat Pinrang dan Sulsel juga tampak duduk di tribun undangan. Beberapa Pemimpin Daerah hadir. Beberapa Anggota DPRD Provinsi Sulsel asal Pinrang juga hadir. Unsur Forkopimda Provinsi Sulsel dan Kabupaten Pinrang juga hadir. Tampak Wakil Bupati Pinrang Alimin beserta Wakil Ketua TP PKK Pinrang, Rahmawati Alimin, Sekda Andi Budaya. Tampak pula Asisten 1 Bidang Pemerintahan Provinsi Sulsel yang juga mantan Bupati Pinrang dua Periode Aslam Patonangi serta pejabat lainnya.

Begitu pula tokoh tokoh adat, tokoh agama, tokoh pendidikan, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, ASN, TNI/POLRI hingga masyarakat umum tampak khidmat mengikuti seluruh rangkaian Puncak Peringatan Hari Jadi Kabupaten yang memiliki garis pantai sepanjang 93 Km ini.

Puncak Peringatan Hari Jadi Kabupaten yang memiliki wisata pantai Ammani ini dipusatkan di Halaman Kantor Bupati Pinrang. Ribuan undangan memakai baju adat bugis dan batik. Raja Sawitto, Datu Sawerigading Makkoelawu, Addatuang Sawitto ke 26 dan Datu Suppa ke 30, Datu Dala Uleng Bau Massepe (Sultan Badriah) dan beberapa keluarga Kerajaan juga hadir di podium kehormatan.

Puncak Peringatan Hari Jadi Kabupaten yang berpenduduk 400 ribu jiwa lebih ini juga diisi dengan pagelaran tari budaya, senam Wanua Penrang dan atraksi dari Polisi Cilik. Gubernur Sulsel mengapresiasi para pengisi acara ini. Apresiasi ini diwujudkan dengan Gubernur memberikan uang pembinaan kepada masing masing kelompok tari dan Polisi Cilik.

Peringatan Hari Jadi Kabupaten Pinrang ke 60 tahun ini terbilang spesial bagi Bupati Irwan Hamid dan Wakil Bupati Alimin. Hari yang spesial ini merupakan kali pertama di masa kepemimpinannya.

Gubernur Sulsel Prof. Nurdin Abdullah dalam sambutannya mengapresiasi Irwan Hamid dan Alimin. Menurut Mantan Bupati Bantaeng ini, di masa kepemimpinan yang masih seumur jagung, Irwan Hamid telah meletakkan dasar dasar pembangunan Kabupaten yang 70 persen lebih penduduknya hidup di sektor pertanian.

Gubernur Sulsel Prof. Nurdin Abdullah juga menyampaikan bahwa ada inspirasi yang dapat diambil dari kegiatan ini. Menurutnya menghormati para raja dengan memberikan tempat yang mulia pada acara ini adalah sesuatu yang patut diapresiasi. Berkat jasa para raja, kata Gubernur, Negara Indonesia bisa maju hingga saat ini. Untuk itu, melalui kesempatan ini, Gubernur mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Pinrang atas penghormatannya terhadap para leluhur.

Gubernur Sulsel juga mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Pinrang yang telah berhasil membangun sebuah tatanan yang betul betul melayani.

Gubernur melalui kesempatan itu juga mengajak untuk senantiasa membangun sinergi antara Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk pembangunan Sulawesi Selatan yang lebih maju

Gubernur juga yakin, di bawah kepemimpinan Irwan Hamid dan Alimin, Pemerintah Kabupaten Pinrang mampu berbuat banyak untuk kemajuan Kabupaten Pinrang ke depan.

Sementara itu, dalam sambutan penerimaannya, Irwan Hamid mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjaga sinergitas. Menurutnya, momentum ini adalah waktu yang tepat untuk bersama membangun Kabupaten Pinrang yang lebih baik.

Irwan Hamid dalam kesempatan itu juga mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Sulsel. Menurutnya, berkat bantuan dan sinergi dengan Pemerintah Provinsi Sulsel, Pemerintah Kabupaten Pinrang dapat melakukan langkah langkah pembangunan untuk kemajuan Bumi Lasinrang.

Kepada seluruh Para tamu dan masyarakat Kabupaten Pinrang, Bupati mengucapkan selamat Hari Jadi Kabupaten Pinrang ke 60.

"Selamat Hari Jadi Kabupaten Pinrang ke 60" ucapnya.

Gubernur Sulsel dalam kesempatan itu juga menyerahkan bantuan dari Pemerintah Provinsi Sulsel kepada Pemerintah Kabupaten Pinrang senilai 63, 1 Milyar rupiah. Selain itu, Pemerintah Kabupaten Pinrang juga menerima bantuan mobil Sulsel Sehat (Ambulance) dan mobil Pemadam Kebakaran dari Pemerintah Provinsi Sulsel. Bantuan ini diterima langsung Bupati Pinrang, Irwan Hamid.

Gubernur Sulsel dalam kesempatan berharga itu juga meresmikan beberapa proyek Pemerintah Kabupaten Pinrang untuk Tahun Anggaran 2019 yang ditandai dengan penekanan tombol. Ikut dalam penekanan tombol Bupati Pinrang, Irwan Hamid, Wabup Alimin , Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulsel dan Ketua DPRD Kabupaten Pinrang, H. Muhtadin.

Di waktu yang sama, Pemerintah Kabupaten Pinrang juga memberikan beberapa Penghargaan. Penghargaan ini adalah Pinrang Investment Award kepada 10 pengusaha dan perusahaan dan Penghargaan Citra Pelayanan Publik. Pemerintah Kabupaten Pinrang juga melaunching beberapa inovasinya dari beberapa instansi.

Selamat hari jadi ke 60 Bumi Lasinrang, Tana Marennu, Kabupaten yang menyimpan banyak harapan, Kabupaten Pinrang.(maksar/humas Pinrang)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KLIK CHANNEL YOUTUBE KAMI