Artikel Terbaru

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Kagama Care Gagas Program Ketahanan Pangan di Sulsel, RBCD Parepare Tuan Rumah

Kagama Care Gagas Program Ketahanan Pangan di Sulsel, RBCD Parepare Tuan Rumah


PAREPARE -- Keluarga Alumni Gadjah Mada (KAGAMA) melalui KAGAMA CARE menggagas program peduli ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19. Program tersebut dikenal dengan nama Kagama Care Ketahanan Pangan.

Kagama Care Ketahanan Pangan di Sulsel dikelola oleh komunitas Rumah Belajar Cinta Damai (RBCD) Parepare yang memiliki 'Green House' dengan instalasi hidroponik. Mereka akan berkolaborasi dengan sejumlah komunitas di Sulsel untuk merealisasikan program tersebut.

Founder RBCD Parepare, Asniar Khumas, juga selaku Sekretaris Pengurus Daerah KAGAMA Sulsel menjelaskan, program tersebut digagas untuk menjaga ketahanan pangan di tengah merebaknya Covid-19. Kata dia, sejumlah bibit akan disalurkan atas bantuan Kagama Care.

"Kagama Care akan menyalurkan bantuan bibit dan media tanam kepada komunitas yang cinta bercocok tanam. Bantuannya, ada polybag, dana untuk media tanam, dan bibit sayur-sayuran," ujar dia.

Asniar menambahkan, hasil dari bibit yang dikelola sejumlah komunitas melalui program Kagama Care itu akan disalurkan untuk warga yang terdampak Covid-19.

"Nantinya, kalau sudah tumbuh berkembang. Sayur-sayuran akan dibagikan ke warga. Khususnya yang terdampak Covid-19. Program ketahanan pangan ini juga ada dalam bentuk budidaya ikan lele," kata dosen Psikologi UNM itu.

Selain program ketahanan pangan, Kagama juga membuat E-book. Sejumlah materi yang disajikan mulai cara menanam bibit hingga budidaya ternak.

Program Kagama Care itu tersebar di sejumlah wilayah Indonesia. Salah satunya Parepare Sulsel. Selain itu, ada di Yogyakarta, Solo, Wonosobo, Lampung, Pekanbaru, Denpasar, Parepare, Balikpapan, Kalimantan Tengah, dan NTB.(rdi)