Artikel Terbaru

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Pesawat Ultralight Milik Haerul Siap Mengudara, UNHAS Dan TNI AU Permantap Design

 



Pesawat Ultralight Milik Haerul Siap  Mengudara, UNHAS Dan TNI AU Permantap Design


Sekertaris Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof Dr Ir H Nasaruddin Salam MT (kanan) Bersama Haerul (Kiri)


PINRANG,— Masih Ingat Pesawat jenis ultralight buatan Herul pemuda asal Kelurahan Pallameang, Kecematan Matiro Sompe, Kabupaten Pinrang yang di terbangkan Di Pesisir Pantai Langnga Pinrang, Viral Di Media Sosial.


Pesawat jenis ultralight buatan Herul kini di pastikan bisa rampung  November 2020 mendatang.Hal itu dibenarkan oleh Sekertaris Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof Dr Ir H Nasaruddin Salam MT saat ditemui Di Warkop Bang Udin Pinrang, Minggu (10/08/2020).


Kehadiran Prof Dr Ir H Nasaruddin Salam didampingi langsung Anggota TNI AU Sultan Hasanuddin, Kopka Syamsul Kamar, bersama beberapa Dosen Universitas Hasanuddin, usai menemui dan meninjau langsung tempat pembuatan pesawat Herul di Pallameang kecamatan Mattiro sompe Kabupaten Pinrang, Minggu (9/8).


“Tentunya kunjungan ini merupakan bentuk perhatian khusus selagi  melakukan pendampingan terhadap pembuatan pesawat saudara Herul agar memenuhi standar nasional, mulai dari penyempurnaan perancangan body hingga mesin pesawat,"Ungkapnya.


Lanjut kata Prof Dr Ir H Nasaruddin Salam, "desain pesawat Haerul akan dikembangkan melalui design gambar tiga demensi pesawat nantinya biasa terbang hingga 1500 meter dengan kecepatan 160 kilo meter per jam. Dan bisa menjadi pesawat angkut,"jelasnya


Tambahnya, "Tentunya juga Kita juga sudah melakukan koordinasi dengan TNI AU dan Lanud Sultan Hasanuddin, untuk mengikuti segala prosedural terkait pembuatan pesawat hingga penerbitan lesensi penerbangan bagi herul dan pesawatnya,”tuturnya


Ia menambahkan pihaknya juga  menerima masukan semua pihak untuk pengembangan pesawat tersebut. 


“saat ini semua pembuatannya kami lakukan di leb. Fakultas Teknik Unhas di Gowa, ini sangat berdampak kepada Nama Kabupaten Pinrang bukan di Unhas dan tentunya pesawat ini akan diberi nama pesawat Ultralight Herul,”ulasnya.


Sementara itu, Herul saat dikonfirmasi sangat bersyukur atas bantuan dari berbagai pihak termasuk dari Kampus Unhas maupun TNI AU yang mendampinginya dalam pembuatan pesawat.


“dengan pendampingan dari Unhas Dan TNI angkatan Udara  kami meMohon doanya semoga pesawat yang kami buat segera rampung dan dapat digunakan dan di manfaatkan masyarakat ,” pungkasnya.(Har)