Recent Posts

Contributors

BMKG Ingatkan Warga Pesisir Pantai Pinrang Waspada Cuaca La Nina

Senin, 21 September 2020

 


BMKG Ingatkan Warga Pesisir Pantai Pinrang Waspada Cuaca La Nina



PINRANG,–Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah IV Makassar menggelar kegiatan Sosialisasi Prakiraan Musim Hujan untuk wilayah Sulawesi selatan tahun 2020/2021, Senin (21/9/2020).



Dalam kegiatan yang dilakukan secara daring ini, dijelaskan secara gambling prakiraan awal musim penghujan untuk Kabupaten / Kota yang ada di Sulawesi selatan.



Dari Parapan yang disampaikan oleh Kepala Stasiun Klimatologi Maros, Hartanto, Musim peghujan untuk Provinsi Sulawesi selatan akan dimulai dari bulan Oktober tahun 2020 dan khusus untuk Kabupaten Pinrang akan dimulai pada bulan Oktober Minggu ketiga sampai Bulan November minggu pertama.



Sementara itu, Kepala Bidang Data dan Informasi BBMKG Wilayah IV Makassar, Hanafi, mengungkapkan, khusus untuk wilayah pantai barat Sulawesi selatan termasuk wilayah pantai Kabupaten Pinrang, curah hujan akan terpengaruh oleh la nina, kondisi dimana curah hujan cukup tinggi sehingg masyarakat diminta untuk tetap waspada.



Diketahui La Nina ditandai dengan adanya penurunan suhu perairan di bagian tengah dan timur ekuator Samudera Pasifik. Hal tersebut berdampak pada perubahan sirkulasi atmosfer seperti intensitas curah hujan di daerah tropis.



Untuk diketahui Kabupaten Pinrang termasuk dalam wilayah Zona Musim, dimana prakiraan oleh pihak BMKG, Kabupaten Pinrang termasuk dalam Zona Musim yang akan mengalami Curah hujan diatas normal, sehingga pihak BMKG sekali lagi berharap masyarakat untuk tetap waspada.



Sementara untuk para pelaku usaha tambak di seputaran pantai barat Kabupaten Pinrang, pihak BMKG menganjurkan untuk senantiasa berkoordinasi dengan pihak Penyuluh perikanan, agar informasi yang diberikan oleh BMKG dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk para pelaku usaha tambak ini.(*/rls/iyr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KLIK CHANNEL YOUTUBE KAMI