-->

Notification

×

Indeks Berita

KNPI Sulsel Inisiasi UMKM Home Industry Bagi Pemuda Di Pinrang

Kamis, 17 September 2020 | September 17, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-09-17T05:28:59Z




KNPI Sulsel Inisiasi UMKM Home Industry Bagi Pemuda Di Pinrang.



PINRANG,--Melalui Biro Pertanian, KNPI Sulsel melatih dan mendampingi pemuda di Kabupaten Pinrang berbentuk umkm skala home industry dalam mengolah limbah sabut kelapa menjadi media tanam.


Home industry ini didirikan sejak bulan april 2020 dan dikelola oleh asri azis yang merupakan salah satu pemuda pinrang (29 tahun) dengan jumlah pekerja sebanyak 20 orang dan telah beromset Belasan Juta Rupiah setiap bulannya.


Menurut Arfan yang merupakan pengurus biro pertanian knpi sulsel bahwa pendampingan ini kami mulai sejak april yang lalu dan terus dikembangkan hingga saat ini dengan melihat potensi bahan baku limbah sabut kelapa di Kab Pinrang belum terkelola secara tepat guna. Pendampingan tersebut meliputi pembuatan rencana usaha, survey kesiapan bahan baku, kesiapan mesin pengolahan, kesiapan tenaga kerja dan kesiapan pasar.


Terbentuknya umkm a2tani juga tidak terlepas dari kerjasama dan dukungan knpi kab pinrang dan tp pkk kab.pinrang yang terus mensupport pemuda dalam memanfaatkan potensi yang ada di Kabupaten Pinrang melalui inovasi produk.


TP PKK provinsi sulsel Ibu Ir.Hj. Andi Sarrafah, Msi dan TP PKK Kabupaten Pinrang Ibu Hj. Andi Sri Widyawati Irwan beserta rombongan melakukan kunjungan ke umkm a2tani di Kelurahan Laleng Bata, Kecamatan Paleteang, Kab. Pinrang. Selain itu, juga dihadiri Kadis Perkebunan Pinrang, Camat Paleteang dan Lurah Laleng Bata. Dalam kunjungannya, TP PKK melihat langsung proses pengolahan limbah sabut kelapa menjadi beberapa produk seperti, cocopeat, cocofiber, cocochip, turus, dan pot sabut kelapa serta berinteraksi dengan para pekerja yang melibatkan ibu-ibu rumah tangga yang ada di sekitar lokasi kerja.


Saat ini produk-produk yang dihasilkan telah terjual dan terdistribusi ke berbagai daerah di Sulsel khususnya di Makassar, dan lintas provinsi seperti Sulbar dan Sultra.


ketua harian knpi pinrang (akbar) yang turut hadir di lokasi  mengatakan bahwa knpi pinrang  siap untuk terus mensupport pemuda pinrang dalam berinovasi dan hal ini menjadi bagian dalam gerakan mendorong inkubator pemuda di  pinrang.


Ketua Knpi Sulsel, Nurkanita Maruddani Kahfi sangat konsen dan full support dalam mendorong kegiatan pemuda berbasis umkm melalui bentuk inkubator pemuda dan diharapkan dengan inisiasi yang di kerjakan di kab pinrang bisa menjadi contoh ke daerah lainnya.(Har/rls)

Coffee Ginseng 5 In 1

×
Berita Terbaru Update