Recent Posts

Contributors

SUARA RAKYAT; Pemimpin Dan Pabbici Bicie, Spionase Jaman Now

Sabtu, 05 September 2020

 



Ket gambar : Abdul Haris ketua forum jurnalis muda Lasinrang (FJML) 

SUARA RAKYAT,--Jika Kita Ketahui Spionase merupakan Ancaman yakni usaha atau kegiatan yang berupaya melemahkan dan membahayakan kedaulatan suatu negara, dan keselamatan warganya. Ancaman dapat berupa ancaman militer dan ancaman non-militer.


Memaknai kata spionase Bukan hanya menjadi lirikan di tingkatkan ancaman militer dan  ancaman non-militer. Tapi kini menjadi bahan dalam melemahkan sebuah person seseorang.


Bedanya, Sebuah contoh kecilnya menjalankan sebuah kepemimpinan tentunya pemimpin ingin lebih mengetahui apa yang menjadi soal di sekeliling mereka. Tak hanya mempertimbangkan Apa yang menjadi sebuah kebijakan sebelum menjadi konsumsi publik/Masyarakat Yang inilah kadang menjadi Bias dan merusak.


Beranjak dari itu pemimpin memang harus mengambil pertimbangan dari berbagai sumber perangkatnya dan hal itu tidak langsung memastikan apakah nyata / fakta. bisa jadi itu sebuah opini belaka bahkan sebuah limpahan kata berbeda dengan kata sebelumnya (Bersilat Lidah) Dan disini peranan pemimpin jeli dan menanggapi isu tersebut. (Ada Evaluasi dan menanggapi melalui berbagai pertimbangan Moral).


Pasalnya para spionase yang kami sebutkan dalam bahasa lokal Bugis, Pabbici bicie belum memastikan 100 persen ke akuratan sebuah isu tersebut. Hanya saja menurutnya sudah benar bisa menuding bahkan ia mampu merangkai sebuah opini menggiring agar pemimipin/publik percaya dan itu Bisa saja menjadi sebuah Isu pokok.


Tak perlu panjang lebar, Ketakutan Pabbici bicie, ketika mereka memiliki/menjabat sesuatu dan merasa nyaman di sekeliling pemimpin tentunya tak ingin lahannya di kocar-kacir. Kadang benar semboyang petuah kita jangan ada dusta di antara kita.


Yakin dengan kondisi saat ini berbuatlah untuk orang banyak dengan niat yang baik, bukan hanya person maupun mengangkat identitas sebuah lembaga saja, karena Tuhan maha adil dan kebenaran akan Menang.


Meski demikian Pabbici bicie jadi pemenang, terbahak bahak dan sukses mengelabui sang pemimpi maupun publik, dan yakinlah waktu yang menjawab eksistensi dirinya.


sejatinya, Doa seorang Hamba Allah selalu memiliki jalan yang benar Dan berujung agar kita kembali kepada diri masing masing untuk berkaca melihat diri sendiri, betapa kejamnya yang namanya Pabbici bicie.(***)


Penulis : Abdul Haris ,(Penggiat Parinung Kopi)

1 komentar:

KLIK CHANNEL YOUTUBE KAMI