Artikel Terbaru

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Siaga Bencana, Bupati Pinrang Pimpin Apel Kesiapsiagaan Penaggulangan Bencana





 Siaga Bencana, Bupati Pinrang Pimpin Apel Kesiapsiagaan Penaggulangan Bencana


PINRANG,--Bupati Pinrang Irwan Hamid, Minggu (15/11) di halaman kantor Bupati Pinrang memimpin Apel Kesiapan dan Kesiapsiagaan Penaggulangan Bencana Alam di wilayah Kabupaten Pinrang.   


Turut hadir dalam Apel Wakil Bupati Alimin, Sekda Andi Budaya Hamid,   Kapolres Pinrang AKBP Arief Sugihartono,SIK,MT, Dandim 1404 diwakili  Kasdim Mayor Inf Bakri, S Sos, Danyon 721/Makkasau Mayor Inf Andhika Ari Prihantoro yang dalam kesempatan itu melakukan pemeriksaan personil. 


Sedang yang bertindak selaku Pemimpin Apel Aptu Suaib KBO Satlantas Polres Pinrang. Apel juga dihadiri Kepala BPBD Pinrang Mattalatta, Kadis Kesehatan drg Dyah Puspita Dewi, Para Camat, Danramil dan Para Kapolsek.   Para peserta apel dari Kodim 1404, Yonif 721/Mks, Polres Pinrang, Satpol PP, Damkar, Perhubungan, Tim PSC 119 Dinkes, dan Tagana Dinas Sosial, Tim reaksi cepat BPBD.


Bupati Pinrang Irwan Hamid dalam amanatnya mengatakan bahwa tujuan diadakan apel agar bisa bersama sama meningkatkan kapasitas dalam peningkatan kesiapsiagaan, khususnya dalam menjawab tantangan ancaman bencana, serta untuk mengantisipasi perubahan iklim yang saat ini telah masuk musim penghujan dan antisipasi potensi bencana hidro meteorologis akibat fenomena La Nina pada musim hujan 2020/2021. Menurutnya, apabila dengan intensitas hujan tinggi maka berpotensi terjadinya banjir, tanah longsor dan abrasi. 


"Untuk itu, perlu disiapkan personil dan peralatan  agar siap siaga dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, rehabilitasi serta kegiatan tanggap darurat nantinya" ungkap Bupati.


Berdasarkan prediksi badan meteorologi klimatologi dan geofisika (BMKG), saat ini Sulawesi Selatan telah memasuki musim penghujan dan berpotensi terjadinya cuaca ekstrem. Kondisi ini perlu disikapi terutama untuk wilayah wilayah yang memiliki tingkat resiko tinggi terhadap bencana banjir tanah longsor abrasi dan angin puting beliung.(humas pinrang)