Juara Lomba Desa dan Kelurahan, Bupati Serahkan Reward

 




Juara Lomba Desa dan Kelurahan, Bupati Serahkan Reward


PINRANG,-- Setelah beberapa hari Tim Penilai Lomba Desa dan Kelurahan secara maraton melakukan penilaian di seluruh Desa dan Kelurahan Lingkup Pemerintah Kabupaten Pinrang, hari ini, Rabu (30/12/2020) di Aula Kantor Bupati Pinrang dilakukan penyerahan hadiah kepada Desa dan Kelurahan yang berhasil meraih juara. Kegiatan ini dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.


Bupati Pinrang Irwan Hamid yang juga selaku Tim penilai menyerahkan langsung reward kepada desa dan kelurahan yang meraih juara. Turut menyerahkan Wakil Bupati Pinrang Alimin.


Penyerahan reward ini juga dihadiri wakil Ketua TP PKK Pinrang Rahmawati Alimin mewakili Ketua TP PKK Pinrang, Ketua Bhayangkari Pinrang yang juga selaku Tim penilai, para Tim Penilai lainnya, para Camat, Kades dan Lurah. 


Dari 69 Desa dan 40 Kelurahan se Kabupaten Pinrang yang dinilai, yang berhasil meraih peringkat pertama di tingkat Desa masing-masing juara satu yakni Desa Tanra Tuo Kecamatan Cempa, juara dua Desa Patobong Kecamatan Mattiro Sompe dan juara ke tiga Desa Barangpalie Kecamatan Lanrisang. Sementara di tingkat Kelurahan yang berhasil meraih peringkat pertama yakni Kelurahan Pacongang Kecamatan Paleteang, ke dua Kelurahan Fakkie Kecamatan Tiroang dan juara ke tiga dari Kelurahan Penrang Kecamatan Watang Sawitto.


Bupati mengakui, selama pelaksanaan penilaian, banyak kesan dan keluh kesah yang dirasakan. Melalui kesempatan itu, Bupati menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada para Tim Penilai. 


Desa dan kelurahan yang berhasil meraih juara ini mendapatkan reward. Untuk juara pertama mendapatkan uang pembinaan sebesar 50 juta rupiah, juara ke dua 30 juta rupiah dan juara ke tiga sebesar 20 juta rupiah.


Bupati mengingatkan agar reward ini betul betul dipergunakan untuk kepentingan dan kemaslahatan Desa dan Kelurahannya. 


"Reward ini bukan untuk kepentingan pribadi Kades dan Lurah. Semoga ini menjadi motivasi bagi kita semua" harap Bupati.


Penilaian ini, lanjut Bupati telah dilakukan berdasarkan Objektifitas dan rasionalitas. Bupati mengaku, masih ada desa dan kelurahan yang tidak menganggap serius terhadap kegiatan ini. Menurut Bupati hal ini menjadi catatan tersendiri.


"Saya mau melihat data ini betul-betul valid sebagai dasar untuk menerima reward. Ini menjadi catatan bagi saya" ungkapnya.


Bagi yang belum menerima reward, Bupati meminta para Camat, Lurah dan Kades agar berbenah diri sehingga ke depannya dapat meraih prestasi. Bupati juga mengakui dalam pelaksanaan lomba Desa dan Kelurahan tahun ini masih ada yang perlu dibenahi.


"Ini adalah awal dari kegiatan Lomba Desa dan Kelurahan, semoga ke depannya dapat lebih baik lagi" ungkapnya.


Sementara itu, Plt Kadis PMD Andi Mahmud Bancing dalam laporannya mengungkapkan bahwa tujuan dilaksanakannya Lomba Desa dan Kelurahan adalah untuk mengetahui pembangunan di tingkat desa dan kelurahan. Kegiatan yang berlangsung selama 19 hari ini, lanjutnya juga mengukur tingkat prakarsa, dan swadaya masyarakat di desa dan Kelurahan.


Dalam kesempatan itu, Andi Mahmud Bancing juga mengucapkan terimakasih kepada Bupati dan Wakil Bupati atas petunjuk dan bimbingannya. Begitu pula dengan seluruh pihak terkait sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik.(humas pinrang)