Persiapan Pembelajaran Tatap Muka, Bupati Pinrang Pimpin Rakor

 



Persiapan Pembelajaran Tatap Muka, Bupati Pinrang Pimpin Rakor


PINRANG - Bupati Pinrang Irwan Hamid memimpin Rapat Koordinasi dalam rangka pembelajaran tatap muka tahun ajaran 2020/2021, Selasa (8/12/2020) di Aula Kantor Bupati Pinrang.


Irwan Hamid dalam arahannya menyampaikan Pelaksanaan proses belajar mengajar tatap muka didasari dari Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021 Dan Tahun Akademik 2020/2021 Di Masa Pandemi Covid-19.


Dalam kesempatan itu, Bupati meminta kepada Dinas Pendidikan untuk membuat pola pembelajaran tatap muka di era new normal di masa pandemi Covid-19. Bupati juga berharap Kepala sekolah melakukan inovasi dalam penerapan protokol kesehatan di lingkungan sekolahnya.


Mengenai sarana dan prasarana, Bupati berharap agar dipersiapkan dengan baik. Seperti sarana cuci tangan yang memadai dengan mempertimbangkan jumlah siswa yang ada, jaga jarak dengan pengaturan bangku, dan kelengkapan masker bagi siswa serta kebersihan lingkungan sekolah.


Bupati juga minta Kepala Dinas terkait agar terus berkoordinasi dengan pihak sekolah. Demikian pula dengan para Camat agar senantiasa berkoordinasi dan bersinergi dengan TNI Polri dalam melakukan pengawasan.


"Kepada Kepala Dinas terkait dan para Camat, agar selalu berkoordinasi dengan para pengajar. Saya juga minta agar selalu berkoordinasi dan bersinergi dengan TNI Polri dalam melakukan pengawasan terhadap proses pembelajaran tatap muka ini."


Bupati juga mengingatkan, dalam memulai pelaksanaan pembelajaran tatap muka tetap dengan persetujuan orang tua murid.


"Tetap ada persetujuan dari orang tua murid terkait kesediaan dalam pelaksanaan proses belajar mengajar. Saya minta agar mengundang orang tua murid untuk memberikan pemahaman terhadap pelaksanaan proses pembelajaran tatap muka ini" jelas Bupati.


Walaupun perkembangan Covid-19 di Kabupaten Pinrang melandai, Bupati tetap menekankan agar dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka yang rencananya dimulai pada awal Januari tahun depan ini dipersiapkan secara hati-hati.


Olehnya itu, Bupati berpesan kepada para tenaga pengajar untuk menjaga imun. Bupati juga menghimbau para tenaga pendidik jika mengalami keluhan kesehatan agar sebaiknya segera memeriksakan diri. Bupati juga berpesan kepada kepada para tenaga pengajar agar dapat menjadi contoh dan teladan bagi siswanya dalam penerapan protokol kesehatan di lingkungan sekolah.


"Pengajar yang ada gejala kesehatan tidak usah masuk. Tolong periksakan diri. Jangan malu melakukan uji swab kalau sudah ada gejala. Ini adalah penyakit, bukan aib. Jangan sampai kita menularkan ke anak didik kita" pesan Bupati.


Bupati juga mengaku akan ada evaluasi di sekolah nantinya. Bagi sekolah yang belum siap melakukan pembelajaran tatap muka, akan diminta untuk dihentikan.


"Saya akan turun langsung untuk memantau langsung Kesiapan dalam pelaksanaan proses pembelajaran tatap muka di sekolah." Kata Bupati.


Turut hadir Sekdis Pendidikan  Muzakkir, beberapa Pimpinan OPD terkait, Kabag Humas Dr Rhommy dan para Camat se Kabupaten Pinrang.(humas pinrang)