PKM Kecamatan Batu Lappa Launching Aplikasi Informasi Untuk Ibu Hamil "Klik Akun Bumil"

 

 


PKM Kecamatan Batu Lappa Launching Aplikasi Informasi Untuk Ibu Hamil "Klik Akun Bumil"


PINRANG,--Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Kecamatan Batu Lappa, Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan melakukan launching aplikasi yang diperuntukkan bagi Ibu Hamil.


Aplikasi ini diberi nama Klik Akun Bumil yang berbasis website hak tersebut diungkapkan langsung Kepala Puskesmas Batu Lappa, Ismail salah satu pemakarsa aplikasi tersebut. Saat ditemui usai acara launching di Kelurahan Teppo Kamis (17/12/2020).


" Kita ketahui dimana Kecamatan Batu Lappa merupakan salah satu daerah yang terletak di kawasan pegunungan yang cukup terjal yang ada di Pinrang. Meski memiliki akses jalan maupun jaringan internet yang belum sepenuhnya memadai, namun hal demikian tidak menjadi hambatan untuk terus berinovasi,"jelasnya.


Lanjut kata Kepala Puskesmas Batu Lappa kepada awak media mengungkapkan dimana inovasi aplikasi ini dikembangkan melalui pemanfaatan teknologi untuk pelayanan serta meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan bagi ibu hamil.


"Aplikasi Klik Akun Bumil merupakan akromim dari kantong elektronik jadwal persalinan, akan menurunkan angka kematian ibu hamil," kata Ismail.


Ismail juga menambahkan aplikasi ini berbasis web sehingga lebih mudah diimplementasikan seperti tidak memerlukan pengistalan, dapat dijalankan dimanapun dan kapanpun.


"Aplikasi itu Dapat dioperasikan menggunakan windows, linux dan adroid dan serta dapat diakses dengan laptop, komputer dan smartphone. Lanjutnya kata dia, Setiap bidan desa akan diberikan satu user dan password. Agar nantinya bisa mengontrol dan berinteraksi langsung dengan Ibu Hamil yang ada diwilayahnya. Bumil tidak lagi membawa buku manual, cukup melalui aplikasi saja," bebernya.  


Pemanfaatannya tersedia register kontrol ibumil secara mobile, tersedianya data dan informasi kondisi ibu hamil, memudahkan penjaringan bumil Resti, mempercepat dalam pengambilan keputusan klinis.


Selain itu Fiturnya dilengkapi dengan input data Bumil, jadwal pemeriksaan hari ini, jumlah pemeriksaan hari ini, taksiran persalinan hari ini, jumlah semua Bumil, jumlah Bumil Resti, dan jumlah semua Bulin.


Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Pinrang, drg Dyah Puspita Dewi sangat mengapresiasi adanya aplikasi Klik Akun Bumil ini. Ia mengatakan aplikasi ini yang pertama di Kabupaten Pinrang.


"Kita sangat mengapresiasi dengan hadirnya aplikasi ini. Semoga Puskesmas lain bisa mencontoh," ungkap Dyah.


Ia terus mendorong agar pemanfaatan dibidang teknologi terus dimaksimalkan untuk memberikan pelayanan kesehatan secara cepat dan tepat bagi masyarakat yang membutuhkan.


"Meski akses jalan yang cukup jauh. Dengan akun Bumil, proses persalinan bisa dideteksi sehingga persiapan persalinan lebih aman," pungkasnya.


Dari pantauan kegiatan tersebut berlangsung dengan menerapkan protokoler kesehatan dalam mencegah penyebaran covid-19.(Har/rls)