Tim UEF Karang Taruna Provinsi Sul-sel Jempoli Produk UMKM Kabupaten Pinrang

 






Tim UEF Karang Taruna Provinsi Sul-sel Jempoli Produk UMKM Kabupaten Pinrang

PINRANG,--Karang Taruna provinsi Sulawesi Selatan gandeng karang taruna Kabupaten Pinrang adakan pelatihan dan sharing Usaha ekonomi Kreatif (UEF) UMKM binaan karang taruna Kabupaten Pinrang.

Kegiatan itu berlangsung di Nitha Cafe jalan Beruang kecamatan Watang Sawitto dihadiri, Pelaku UMKM binaan karang taruna kabupaten Pinrang, Dihadiri Langsung A. Pawelloi Nawir ketua karang taruna kabupaten Pinrang Dan Basri Sekretaris karang taruna kabupaten Pinrang dan Syarifuddin pasang Koordinator usaha ekonomi produktif karang taruna prov. Sulawesi Selatan sekaligus menjabat Manager koperasi kupakatau Dan Rombongan pengurus karang taruna prov. Sulsel.

A.Pawelloi Nawir Ketua karang taruna kabupaten Pinrang menyampaikan, melalui pelatihan seperti ini merupakan cara ampuh dalam membangun optimisme ataupun semangat berwirausaha kaum muda dengan konsep leaderpreneur .

"Kami mengucapkan terimakasih kepada pengurus karang taruna provinsi Sulawesi Selatan menyempatkan Hadir dan melakukan sharing bersama para pelaku UMKM binaan karang taruna kabupaten Pinrang,"jelasnya.

Lanjut kata A.Ranu Sapaan Akrabnya juga mengajak kepada pengurus karang taruna Pinrang berperan aktif dalam pemberdayaan masyarakat di bidang usaha dan gerakan sosial kemasyarakatan.

"Peranan kader karang taruna sangat penting ditengah masyarakat apalagi melakukan pendampingan dan berinovasi, serta memiliki gerakan sosial  kesejahteraan orang banyak," kata A.Ranu, Ketua karang taruna Pinrang dua periode itu.

Lebih lanjut dikatakannya, capaian pelatihan dan sharing nantinya ini diyakini punya prospek menjanjikan Kedepannya lebih berkembang lagi,

" Ini mengingat hasil beberapa produk UMKM kabupaten Pinrang sudah dikenal dan berkembang 3 tahun terkahir ini, dan ini pencapaian yang sangat baik meski saat ini ditengah pandemi, kami mengapresiasi itu,"ulasnya

Sementara itu, Syarifuddin pasang Koordinator usaha ekonomi produktif karang taruna prov. Sulsel
Mengatakan bentuk dukungan kepada pelaku UMKM yang ada di kabupaten Pinrang.

"Kami mengapresiasi atas gerak Karang taruna kabupaten Pinrang dalam mengembangkan Uef UMKM dan inilah sebuah Dasar kami mengapa memilih kabupaten Pinrang untuk diadakan kegiatan ini,"jelasnya

Selain itu. kata dia,  tinggal tim karang taruna mendata dan melakukan pendampingan langsung hingga mencarikan pasaran untuk membantu UMKM.

"Ketika pelatihan ini telah terimplementasikan dengan baik perlu adanya pembentukan tim pemasaran agar produk UMKM kabupaten Pinrang bisa lebih cepat di pasarkan, dan ini kami berharap adanya tindak lanjutnya" pungkas Syarif

Sebelumnya, Abdul Haris koordinator bidang ekonomi kreatif UKM Dan Koperasi karang taruna kabupaten Pinrang meminta agar seluruh peserta menyimak betul setiap materi yang disampaikan oleh narasumber.

Terlebih, tidak banyak orang yang punya kesempatan dapat terlibat pelatihan dan sharing terkait langka ini dalam pengembangan UMKM.

"Kami berharap kepada peserta sebagai utusan dari kecamatan dan kelurahan masing-masing ikut serta pelatihan. Selalu komunitas untuk proses pengembangan usahanya dan usaha binaannya, dan kami juga ucapkan terimakasih kepada jajaran pengurus karang taruna kabupaten Pinrang dan karang taruna provinsi Sulawesi Selatan telah memberikan masukan dan bimbingannya dalam kegiatan ini," pungkasnya.

Dari pantauan kegiatan itu berlangsung dengan peserta membawa beberapa produk UMKM baik produkai pengurus karang taruna kabupaten Pinrang maupun binaannya.(har/rls).