Jokowi akan Bertolak ke Sulbar Pantau Dampak Gempa dan Pengungsi

 


Jokowi Tinjau Lokasi Bencana Banjir di Kalimatan Selatan. ©2021 Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden

Jokowi akan Bertolak ke Sulbar Pantau Dampak Gempa dan Pengungsi


NASIONAL,--Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan bertolak ke Sulawesi Barat, Selasa (19/1). Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengungkapkan mantan gubernur DKI Jakarta tersebut akan meninjau beberapa lokasi akibat gempa.

"Betul, akan meninjau beberapa lokasi gempa di Kantor Gubernur, dan tempat pengungsian," kata Heru kepada merdeka.com, Selasa (19/1).

Tidak hanya itu, Jokowi juga kata Heru akan memberikan bantuan serta berkunjung ke rumah warga yang terdampak gempa. Hingga mengunjungi para korban gempa.

"Dan rumah rumah warga yang terkena gempa serta korban gempa," beber Heru.

Sebelumnya diketahui kemarin Jokowi juga melakukan tinjauan ke Kalimantan Selatan. Dia meninjau beberapa lokasi banjir dan memberikan bantuan kepada korban. Jokowi menuturkan saat ini terdapat 10 kabupaten dan kota yang terdampak banjir.

"Hari ini saya meninjau banjir ke Provinsi Kalimantan Selatan yang terjadi di hampir 10 kabupaten dan kota ini adalah sebuah banjir besar yang mungkin sudah lebih dari 50 tahun tidak terjadi di provinsi Kalimantan Selatan," kata Jokowi saat memberikan keterangan pers dalam chanel Youtube Sekretariat Presiden, Senin (18/1).

Dia menjelaskan curah hujan yang terjadi 10 hari tiada henti membuat daya tampung sungai Barito meluap. Dia menuturkan biasanya sungai tersebut dapat menampung 230 juta meter kibik kini masuk air 2,1 miliar kubik air.

"Curah hujan yang sangat tinggi hampir 10 hari berturut-turut sehingga daya tampung sungai Barito yang biasanya menampung 230 juta meter kubik sekarang ini masuk air sebesar 2,1 miliar kubik air sehingga memang meluap di 10 kabupaten," beber Jokowi. (***)

Berita ini sudah diterbitkan di merdeka.com