Kadis Paspor Pinrang; Parawisata Membantu Pembangunan Perekonomian

 


Kadis Paspor Pinrang; Parawisata Membantu Pembangunan Perekonomian

PINRANG,— Geliat pariwisata ditengah pandemi covid -19 tidak dipungkiri tengah mengalami penurunan akibat pembatasan – pembatasan yang diberlakukan bagi setiap sarana wisata.

Tidak terkecuali di Kabupaten Pinrang, Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Paspor) Kabupaten Pinrang A.Suyuti yang ditemui, Jum’at (1/1/2021).

Suyuti yang baru saja dilantik selaku Kepala Dinas Paspor Kabupaten Pinrang mengungkapkan, Sektor Pariwisata adalah salah satu sektor yang banyak membantu pembangunan perekonomian di Kabupaten Pinrang selain sektor lain yang lebih dulu eksis.

Sektor Wisata ini, lanjutnya, merupakan dalah satu sektor yang jika berkembang dan dikelola dengan baik maka berimplikasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Namun demikian, lanjut Suyuti, Pandemi Covid merupa pukulan telak bagi pengembangan sektor pariwisata tak terkecuali di Kabupaten Pinrang.

Olehnya itu, setelah resmi menjabat Kepala Dinas Paspor, Suyuti langsung meninjau beberapa objek wisata potensial yang ada di Kabupaten Pinrang.

Salah satunya Villa Donadei Karomba Kecamatan Lembang yang beberapa waktu silam viral karena panorama negeri di atas awannya.

Menurut Suyuti, Pihaknya telah membangun komunikasi dengan pemilik Villa untuk pemanfaatan Villa Donadei sebagai objek Wisata.

“Kalau Wabah Covid sudah mereda maka akan dilakukan launching objek wisata ini” ungkap Suyuti.

Lebih lanjut Suyuti mengungkapkan, untuk pemanfaatan villa ini, pihak Pemerintah Kabupaten Pinrang, Pemerintah Provinsi Sulawesi selatan dan pengelola Villa telah melakukan perjanjian kerjasama yang tertuang dalam Peraturan Gubernur Sulawesi selatan nomor 57 tahun 2019 tentang kerjasama pemanfaatan hutan pada kawasan hutan produksi dan hutan lindung.

“Peraturan Gubernur inilah yang sedianya akan dijadikan dasar dalam pengembangan objek wisata Villa Donadei Karomba Kecamatan Lembang” tutup Suyuti.(*/).