Sosialisasi Kemitraan UMKM, Dinas PMPTSP Pinrang Hadirkan BPOM, LPPOM MUI, Dinas Koperasi dan UKM

 



Sosialisasi Kemitraan UMKM, Dinas PMPTSP Pinrang Hadirkan BPOM, LPPOM MUI, Dinas Koperasi dan UKM

PINRANG,--Kegiatan Sosialisasi Peranan Kemitraan terhadap pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Dengan mengangkat tema pemerintah daerah dan UMKM  bersinergi memulihkan ekonomi, yang dilaksanakan di MS Hotel Pinrang, Senin, (22 /02/2021)

Kegiatan tersebut dihadiri para pelaku UMKM dan narasumber dari Dinas PMPTSP, BPOM, kepala Dinas Koperasi dan UKM, LPPOM MUI, Bank Syariah Pinrang.

Kegiatan itu juga dihadiri Anggota DPRD provinsi Sulawesi Selatan A.Azizah Irma Wahyudiyati S.AP M,Si

Andi Mirani, AP, M,Si Kepala Dinas PMPTSP kabupaten Pinrang mengatakan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) mempunyai peran yang strategis dalam pembangunan ekonomi, oleh karena selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja juga berperan dalam pendistribusian hasil-hasil pembangunan.

"Dinas PMPTSP hadir memberikan kemudahan bagi pengusaha yang menjalankan usahanya, Mengingat pengalaman yang telah dihadapi kiranya tidak berlebihan apabila pengembangan sektor swasta difokuskan pada UKM, terlebih lagi unit usaha ini seringkali terabaikan hanya karena hasil produksinya dalam skala kecil dan belum mampu bersaing dengan unit usaha lainnya disinilah Dinas PMPTSP hadir,"ungkapnya.

Lanjut kata dia, Pengembangan UKM perlu mendapatkan perhatian yang besar baik dari pemerintah maupun masyarakat agar dapat berkembang lebih kompetitif bersama pelaku ekonomi lainnya meski ditengah pandemi.

"Kebijakan pemerintah Mendukung penuh pengembangan UMKM dalam mendorong sektor ekonomi masyarakat, dan perlu diupayakan lebih kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya UKM. Pemerintah kabupaten Pinrang Saat ini hadir meningkatkan perannya dalam memberdayakan UKM disamping mengembangkan kemitraan usaha yang saling menguntungkan antara pengusaha besar dengan pengusaha kecil, dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusianya,"jelasnya.

Hal senada diungkapkan A.Azizah Irma Wahyudiyati S.AP M,Si anggota DPRD provinsi Sulawesi Selatan mengatakan mengapresiasi pelaksanaan Kegiatan Kemitraan terhadap pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di kabupaten Pinrang dalam sinergitas memulihkan ekonomi masyarakat.

"Meski di tengah pandemi peranan UMKM Sangat diperuntukkan, Membangkitkan kehidupan ekonomi dan giat melakukan usaha di barengi dengan pengembangan zaman meski ditengah pandemi"ungkapnya.

Lanjut kata A.Irma sapaan akrabnya mengatakan dirinya siap memberikan kontribusi kepada pelaku UMKM dalam pengembangan usahanya dan memberikan ruang dalam meningkatkan UMKM yang ada di kabupaten Pinrang.

"Kami siap memfasilitasi Pelaku UMKM tentunya sasaran demi peningkatan ekonomi, UMKM salah satu penunjang memulihkan ekonomi masyarakat jadi kami berharap Agar pelaku UMKM terus semangat dan bangkit,"kata A.Irma Pengusaha yang pernah berjual  belut itu.

Kegiatan ini di pandu langsung Reza Alamsyah,SH, Owner Keripik Pisang Bachiss, kegiatan itu juga berlangsung dengan menerapkan protokoler kesehatan dalam mencegah penyebaran covid-19 dengan pembatasan peserta sebanyak 35 orang.(Har/rls)