-->

Notification

×

Indeks Berita

Desa Patobong Pinrang Desa Inspiratif Edukatif Desa Rujukan Nasional

Senin, 29 Maret 2021 | Maret 29, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-03-29T02:08:54Z

 



Desa Patobong Pinrang Desa Inspiratif Edukatif Desa Rujukan Nasional Dikenal Desa Online

PINRANG,--Memanfaatkan teknologi tentu saja akan sangat bermanfaat bagi siapapun bila digunakan dengan baik dan bijak. Apalagi saat ini dimana teknologi sangat bertumbuh dengan pesat, maka memang sudah saatnya siapapun ikut andil dalam perkembangannya. Hal ini bukan sekedar untuk eksistensi diri semata, sebab ada tuntutan zaman yang harus dipenuhi.

Tentu saja ketika kita bicara teknologi maka wilayah yang akan selalu jadi rujukan adalah kota. Tapi meski kota memiliki kedudukan teratas dalam peringkat, namun bukan berarti desa (daerah terpencil) tak punya posisi.

Setidaknya hal ini telah dibuktikan oleh Muslimin Malli, seorang kepala desa asal desa Patobong Kecamatan Mattiro sompe kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan.

💏👺

Lokasi desa Patobong sendiri tak ada yang perlu diragukan lagi, pasalnya daerah ini berada di jalur perikanan dan pertanian yang tentunya letaknya sangat strategis di kabupaten Pinrang.

Namun dengan semangat dan keinginan besarnya untuk menjadikan daerahnya maju, maka H.Muslimin Malli  membuat beberapa terobosan invotif dan edukatif Yakni desa berbasis online dan beberapa inovasi lainnya yang mengesankan tak hanya itu kedepannya akan menghadirkan inovasi untuk pengembangan masyarakat desa dengan menghadirkan desa wisata berbasis edukasi budaya, lingkungan dan desa literasi.



Lalu seperti apakah kisah H.Muslimin Malli kepala Desa Patobong menciptakan beragam inovasi di desa itu,? Berikut ulasannya.

Sebagai kepala desa, pak muslimin tentu saja ingin membuat desa dan warganya maju dan sejahtera. Nah dengan memanfaatkan teknologi, salah satunya media sosial, serta letak desa yang strategis Pak muslimin acap kali mengajak warga untuk mendiskusikan beragam permasalahan desa yang muncul. Tentunya hal inilah sehingga Kepala desa menerima segala masukan dari masyarakat kemudian turun tangan jika ada persoalan.

Nyatanya, kepala desa Patobong  bergerak nyata di lapangan dengan banyak melakukan aksi dan kegiatan. Salah satu aksi turun tangan yang ia lakukan adalah gerakan edukasi masyarakat adanya perpustakaan dan peningkatan sumber daya pemuda selain itu juga giat melakukan aksi sosial untuk korban Bencana di Indonesia.

Lebih Efektif melakukan pelayanan dengan Sistem online yang dibangun Desa Patobong yang salah satunya adalah melalui website ini sendiri bertujuan untuk saran komunikasi yang efektif. Pasalnya, dengan melalui website desa yang diberikan nama Patobong.desa.id maka dirinya bisa berkomunikasi dengan warga secara mudah dan warga pun juga tak perlu repot-repot datang ke kantor atau balai desa, karena bisa melakukannya di rumah untuk mendapatkan informasi dari desa.

Dengan sistem online inilah semua orang diuntungkan dan dimudahkan baik pelayanan maupun data dan pencapaian desa Patobong.

Di situs itulah yang ada tersebut warga bisa mendapatkan beragam informasi, mulai dari sejarah desa, program pembangunan, visi-misi pemerintahan desa, peraturan desa, laporan keuangan, berita hingga statistik.

Selain informasi mengenai data desa, di situs tersebut juga ada informasi pelayanan desa, seperti membuat KTP, kartu keluarga atau akta catatan sipil. Nah dari informasi ini maka warga yang akan mengurus dokumen-dokumen tersebut bisa mempersiapkan terlebih dahulu persyaratannya sesuai apa yang tertulis di blog atau situs. Kemudian ketika semua syarat-syarat sudah siap maka saat pengurusan administrasi di kantor desa, semua akan terlaksana dengan lebih cepat.

Dalam kehidupan masyarakat desa Patobong. tentu tidak semua berjalan dengan mulus terus-menerus, di suatu waktu pasti ada keluhan warga dari permasalahan yang muncul di desa. Nah, dari sini website desa juga menjadikan blog dan situs online mereka sebagai tempat atau media untuk menerima pengaduan dari warga.

Jadi dari sini sebagai kepala desa harus bersiap juga dengan beragam aspirasi, keluhan, serta kritik yang penting untuk membangun daerah itu. Sistem online informasi yang dimiliki Desa Patobong sendiri saat ini sudah banyak di akses oleh masyarakat luas. Tidak hanya oleh warga Desa Patobong tapi juga oleh mahasiswa, peneliti atau pejabat pemerintah.

Dengan segala aksi dan terobosan yang dilakukan desa Patobong Desa berbasis Online ini maka ia pun mendapat banyak penghargaan. Beberapa penghargaan yang pernah diraih dan juara baik tingkat Kabupaten provinsi maupun nasional. (Haris)

Coffee Ginseng 5 In 1

×
Berita Terbaru Update