Pinrang Art Space (Pas) Gelar Pameran Rupa Dan Dialog Seni Budaya

 



Pinrang Art Space (Pas) Gelar Pameran Rupa Dan Dialog Seni Budaya

PINRANG,--Salah satu kelompok pegiat seni budaya yang eksis di kota Pinrang, PAS (Pinramg Art Space) menggelar kegiatan bertajuk Pameran Rupa dan Dialog Seni Budaya: Dampak dan Harapan Pasca Pandemi Covid-19, di Taman Pintar, mulai tanggal 23 hingga 25 Maret, setiap sore.


Andi Syamsul Bahri yang lebih akrab disapa Kak Ancu sebagai penginisiasi kegiatan bersama rekan-rekan di PAS, menjelaskan bahwa; Kegiatan dilaksanakan untuk mengobati kejenuhan selama jeda panjang masa pandemi Covid-19. Meski dengan rasa was-was, namun dengan keyakinan dan spirit yang sungguh-sungguh, kegiatan ini digelar dengan tetap mengupayakan tertib protokol kesehatan.


Selain itu, jelas Kak Ancu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memantik agar kegiatan seni dan budaya betul-betul hidup di Pinrang. Kita mengharapkan bahwa di Pinrang memiliki kesadaran baru tentang peran penting pengembangan seni budaya dalam membangun daerah. Kita memiliki banyak potensi, tetapi potensi itu tidak akan menjadi energi penggerak jika tidak dikelolah secara baik. 


H.M. Aswin, mewakili Pemkab menyampaikan dalam sambutannya sebelum membuka acara bahwa, pemerintah daerah sangat mengapresiasi kegiatan-kegiatan positif seperti yang dilakukan PAS. Kegiatan literasi seni budaya penting bagi generasi kita di Pinrang, di tengah perubahan jaman yang semakin cepat. Dialog sangat penting agar pemerintah dan para pegiat seni budaya dapat bersinergi. 


Pameran rupa menampilkan karya-karya anak Pinrang. Tidak kurang dari 50 karya lukis digelar dalam pendopo Taman Pintar.


Sedangkan dialog digelar 3 sesi. Hari pertama membincang tema; Kesehatan, Pariwisata, dan UMKM. Menghadirkan Kadis Pariwisata Kab. Pinrang Bapak Andi Suyuti, ST. MT., Kadis Kesehatan Kab. Pinrang Ibu Dyah Puspita Dewi, M.Kes., dan Pelaku UMKM Yulianti, SE.


Hari kedua akan membincang tema Budaya dan Literasi, dengan pemantik Bapak Andi Pabbiseangi (Budayawan Pinrang) dan Bapak H.M. Aswin, S.IP, M.Si. (Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Pinrang).


Hari ketiga membincang tema Pemerhati Budaya dan Pemuda, dengan pemantik Hasiming, ST, M.Si (Unsur Pemerintahan), Syahrul (Anggota DPRD), Ali Topan, S.Pd (Pegiat Lingkungan), dan Abdul Kadir. SE (Pegiat Pusaka Bumi Lasinrang)


Dialog yang dilaksanakan tiga hari ini dipandu oleh Hamdan sebagai moderator.(rls/har)