Ketua TP PKK Hadiri Peringatan Hari TB Sedunia di Pinrang


PINRANG - Forum Stop TB Pinrang yang dipimpin Bupati Pinrang, H. A. Irwan Hamid, S.Sos melaksanakan Peringatan Hari TB Sedunia yang mengambil tema 'The Clock is Ticking" (Setiap Detik Berharga, Selamatkan Bangsa dari Tuberkulosis). 


Melansir dari laman resmi WHO, tahun ini Hari TB Sedunia mengangkat tema "The Clock is Ticking" yang artinya Jamnya Berdetak. Tema ini menyampaikan bahwa dunia kehabisan waktu untuk bertindak dengan adanya komitmen bahwa TB dibuat oleh para pemimpin global. Hal ini sejalan dengan konteks Pandemi COVID-19 yang kini sedang mewabah di seluruh dunia.


WHO menyebutkan bahwa TB merupakan salah satu penyakit menular paling mematikan di dunia. Setidaknya terdapat 28.000 kasus TB di dunia dan 4.000 orang meninggal dunia akibat TB. Meski mematikan, TB dapat dicegah dan diobati. Sejak tahun 2000, WHO mengklaim bahwa upaya memerangi TB secara global telah menyelamatkan sekitar 63 juta jiwa.


Pelaksanaan peringatan Hari TB Sedunia bertempat di Desa Kaballangang, Kecamatan  Duampanua, Pinrang pada Kamis pagi (29/04/21). Bupati Pinrang menunjuk Kepala Dinas Kesehatan Drg. Dyah Puspita Dewi, M.Kes, dalam sambutannya berharap Hari TB Sedunia (TB Day) 2021 dapat menjadi momentum penting dalam penanggulangan penyakit Tuberkulosis di Kabupaten Pinrang ,"TB Day harus menjadi momentum tepat untuk seluruh pihak agar dapat bersama dan bersinergi bagi semua elemen untuk menanggulangi penyakit TB di daerah kita ini," jelasnya.


Kesempatan ini, Ketua TP PKK Pinrang Hj. A. Sri Widiyati Irwan bersama Wakil Ketua TP PKK Pinrang Hj. Rahmawati Alimin memberikan apresiasi bagi para kader TB Kabupaten Pinrang dan bagi kelompok Usila. Selain itu juga, kehadiran Ketua TP PKK Pinrang sebagai bentuk rangkaian kegiatan dalam pelaksanaan Hari Posyandu Nasional yang tepat pada tanggal 29 April 2021, dengan mengambil Tema "Sehat Ibu dan Anak".


Ketua TP PKK Pinrang, Hj. A. Sri Widiyati Irwan saat kesempatan ini, dengan penuh antusias memberikan dorongan dan motivasi bagi para kader dan warga masyarakat untuk selalu tetap disiplin menerapkan Protokol Kesehatan selama masa Pandemi Covid-19 di Kabupaten Pinrang.


(*/Protokol_Pimpinan; DokPim : Jonardi // Sumber Foto : Udhin)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama