-->

Notification

×

Indeks Berita

Instruksi Mendagri dan Kapolri, Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2021 Di Pinrang

Rabu, 05 Mei 2021 | Mei 05, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-05-05T09:44:23Z

 


Instruksi Mendagri dan Kapolri, Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2021 Di Pinrang


PINRANG,- - Mengemban tugas mulia di masa Pandemi Covid-19, sesuai dengan Instruksi Mendagri dan Kapolri, dilaksanakan secara serentak Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tahun 2021 dalam rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H seluruh Indonesia.


Mengambil tema "Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2021 Kita Tingkatkan Sinergi Polri Dengan Instansi Terkait Dalam Rangka Memberikan Rasa Aman dan Nyaman Pada Perayaan Idul Fitri 1442 H", pelaksanaan apel gelar pasukan dipusatkan di Markas Komando (Mako) Kepolisian Resor (Polres) Pinrang pada Rabu pagi (5/5/21) yang diikuti peserta dari unsur pasukan Polres Pinrang, unsur Kodim 1404 Pinrang, Satpol PP Pinrang, Dishub Pinrang, PSC 119 Pinrang dan dukungan organisasi Bankom RAPI Pinrang.


Inspektur upacara apel gelar pasukan dipimpin langsung Bupati Pinrang, H. A. Irwan Hamid, S.Sos. Berdiri di jajaran pelaksana upacara, selain Kapolres Pinrang AKBP M. Arief Sugihartono, S.Ik., MT., apel gelar pasukan, hadir lengkap juga dari unsur Forkopimda Ketua DPRD Pinrang H. Muhtadin, Kajari Pinrang AKBP M. Arief Sugihartono, S.Ik., MT., 1 Pengadilan Negeri Pinrang Teguh Arifiano, SH., MH., dan Pasi Ter Kodim 1404 Pinrang Kapten Muin. Selain itu dari unsur pendukung upacara, hadir berdiri Kadis Kesehatan Drg.Dyah Puspita Dewi, M.Kes, Kadis Perhubungan Drs.Mantong, M.Si, Kasatpol PP Muhaddir, S.STP, Kabag Protokol Dr. Rhommy Manule, M.Si., Waka Polres Pinrang Kompol A. Jamaluddin dan Kabag OPS Polres Pinrang Kompol Marthen.


Bupati Pinrang Irwan Hamid, membacakan sambutan Kapolri Jendral Pol. Listyo Sigit Prabowo. Dalam sambutan Kapolri yang dibacakan oleh Bupati Pinrang, "Operasi ini dilakukan selain mencegah terjadinya gangguan kamtibmas di lingkungan masyarakat, juga sebagai upaya mencegah terjadinya klaster baru dan pengawasan penerapan protokol kesehatan akibat tingginya mobilitas dan aktifitas masyarakat jelang akhir bulan Ramadhan serta memasuki Idul Fitri tahun 2021 ini," sambutan Kapolri dibacakan Bupati Pinrang,


Sambutan Kapolri yang dibacakan Bupati Pinrang Irwan Hamid pada Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2021 Kabupaten Pinrang mengedepankan 'Salus Populi Suprema Lex Esto" yakni "Keselamatan Rakyat adalah Hukum Tertinggi" yang saat ini dihadapi dengan Pandemi Covid-19. Hal ini penting dilakukan dengan mengutamakan upaya preventif humanis dalam mencegah penularan dan penyebaran Virus Corona, utamanya bagi pencegahan timbulnya klaster mudik, klaster takbiran, klaster lebaran dan klaster halal bihalal. 


"Upaya yang harus dilakukan khususnya dalam penyekatan mobilitas masyarakat yang melakukan gerak mudik, dengan didirikan pos penyekatan di perbatasan ataupun di lokasi strategis lainya," kata Bupati membacakan sambutan Kapolri.


Poin perhatian sambutan Kapolri yang dibacakan Bupati Pinrang bagi setiap jajaran aparat yang bertugas menegaskan pada beberapa perhatian utama. "Siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan. Lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dalam fenomena yang berkembang. Tingkatkan kepekaan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis. Laksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional serta bertindak secara tegas terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas. Mantapkan kerjasama sinergis dan soliditas. Tetaplah menjadi teladan bagi keluarga dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Dan yang terakhir pastikan petugas aparat front-front liner telah melaksanakan frontliner vaksinasi sebanyak 2 kali," tekanan Kapolri Jend.Pol. Listyo Sigit Prabowo dalam sambutan tertulis dibacakan Bupati Pinrang, Irwan Hamid.


Kapolri juga menekankan kepada seluruh jajaran aparat dan petugas untuk terus meningkatkan pengawasan penegakan disiplin protokol kesehatan dan patroli keamanan disetiap titik - titik rawan gangguan kamtibmas seperti, pasar, pusat perbelanjaan, pusat keramaian, tempat kuliner dan wisata serta tempat - tempat publik yang rawan keramaian, rawan kerumunan dan banyak dikunjungi menjelang akhir bulan Ramadhan dan menyambut perayaan Idul Fitri 1442 H.


"Dan khusus bagi jajaran OPD terkait, Satpol PP, Dishub dan PSC 119 yang memiliki akses pelayanan publik agar dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk memberikan pelayanan semaksimal mungkin bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan dan dalam keadaan darurat," jelas Bupati. 


Bupati Pinrang Irwan Hamid juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak, yang telah hadir dalam apel gelar pasukan hari ini demi menunaikan tugas mulia yang dihadapi dengan kondisi Pandemi Covid-19.


(*/Protokol_Pimpinan : Bakri / DokPim : Arul / Sumber foto : Icank)

Coffee Ginseng 5 In 1

×
Berita Terbaru Update