Kadis Pertanian Pinrang Sebut Tradisi Mappalili, Budaya Bugis Yang Perlu Dilestarikan

 


Kadis Pertanian Pinrang Sebut Tradisi Mappalili, Budaya Bugis Yang Perlu Dilestarikan 


PINRANG,--Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, Andi Tjalo Kerrang menghadiri acara Mappalili di Kelurahan Macinnae yang dipusatkan di Kelompoktani Sipakaenre 2(Rabu,19/05/2021). 


Mappalili adalah kegiatan yang dilaksanakan sebagai penanda mulai turun sawah dan merupakan warisan turun temurun yang bertujuan untuk menjaga kekompakan dan gotong royong dalam masyarakat petani. 


Andi Tjalo Kerrang dalam acara Mappalili ini mengajak para petani untuk tetap melestarikan kegiatan Mappalili ini karena mengandung banyak makna dan memberi banyak manfaat khususnya bagi petani. 


"Untuk mendapatkan hasil yang baik dan melimpah, dibutuhkan kebersamaan dan persatuan dari para petani khususnya dalam menentukan jadwal tanam dan varietas yang akan di tanam serta secara rutin tetap melakukan pengamatan dan pengendalian hama penyakit." Kata Andi Tjalo. 


Turut hadir dalam cara Mappalili, Kabid Penyuluhan Syukur Tanri, Kapolsek Paleteang, Kepala Kelurahan Macinnae, PPK dan POPT serta beberapa PPL di Kecamatan Paleteang.(rls/har)