Ngak Usah Gengsi, Ini 5 Barang Bekas yang Boleh Dibeli

 

Lima barang bekas yang boleh dibeli. Foto: Ist/Net

Ada beberapa barang bekas yang boleh dibeli dan tentunya masih layak pakai. Barang-barang bekas ini masih bisa berfungsi meski tidak dibeli dalam kondisi baru. Selama masih bisa memenuhi kebutuhan dan kesanggupan, kenapa tidak?

Membeli barang baru memang menarik dan memuaskan. Tapi ada kalanya kita tidak perlu gengsi untuk membeli barang bekas, karena tindakan ini tak hanya meringankan budget tapi juga mengurangi limbah sampah.

Ini 5 Barang Bekas yang Boleh Dibeli

Berikut ini adalah beberapa barang bekas yang masih bisa kita manfaatkan. Beberapa orang biasanya rajin merawat barang tersebut agar tidak cepat rusak dan bersih ketika akan dijual lagi.

Pakaian

Limbah tekstil adalah salah satu jenis limbah yang terbanyak. Daripada kamu terus menerus membeli baju mengikuti tren yang cuma dipakai 1-2 kali, mengapa tidak coba thrifting? Membeli baju, sepatu, tas dan aksesori dalam kondisi second sebenarnya sah-sah saja asalkan kebersihannya terjaga.

Secara umum, thrift shop biasanya mengarah pada pakaian bekas yang berasal dari luar negeri. Sedangkan istilah preloved mengacu pada baju bekas yang dijual secara personal. Meskipun bekas pakai, tak jarang banyak thrifting atau preloved yang 90% tampak seperti baru.

Buku

Membeli buku baru memang menyenangkan, tapi jelas mahal. Supaya tidak boros, coba pertimbangkan membeli buku lama dalam kondisi bekas. Buku-buku yang dijual dalam kondisi second tentu harganya lebih murah dan masih bisa memberikan apa yang kamu butuh. Buku bekas bisa kamu dapatkan dari situs jualan online, komunitas, atau akun sosial media.

Mengingat buku bekas sudah berpindah tangan, mungkin kondisinya tidak sama seperti baru. Namun kualitas yang ada akan sebanding dengan harga yang ditawarkan. Perlu ketelitian sebelum memutuskan beli. Jika beruntung, kamu bisa mendapat buku bekas yang masih tersegel!

Buku bekas yang asli bahkan memiliki kualitas cetak lebih bagus ketimbang pembajakan. Dengan membeli buku bekas, kamu turut serta mengurangi pembajakan.

Furniture

Meja, kursi, kayu, dan lemari adalah barang bekas yang boleh dibeli. Meski tidak semulus saat masih baru, barang furniture second sah-sah saja dibeli asalkan bisa berguna sesuai fungsinya. Kursi masih bisa diduduki, lemari bisa untuk menyimpan pakaian agar lebih rapi.

Namun ini tidak berlaku bagi kasur bekas. Karena kasur bekas beresiko mengandung tungau dan sudah berkurang kenyamanannya.

Kendaraan

Zaman sekarang, memiliki kendaraan pribadi bisa mendukung mobilitas. Membeli kendaraan tidak harus dalam keadaan baru, apalagi dengan budget terbatas. Membeli kendaraan bekas tidak ada salahnya selama masih bisa mendukung mobilitas, jadi tidak usah gengsi.

Alat Musik

Untuk kamu yang baru mau belajar alat musik, tidak ada salahnya membeli second. Alat musik untuk pemula termasuk barang bekas yang masih bermanfaat. Bagi kalangan pemula, alat musik yang mutakhir belum terlalu diperlukan sehingga sah-sah saja membeli yang bekas.

Itulah beberapa jenis barang bekas yang masih boleh dibeli dalam kondisi second. Membeli pakaian bekas lewat thrift shop atau preloved dapat mengurangi limbah tekstil. Furniture dan kendaraan bekas juga sudah banyak diperjual belikan selama masih bisa berguna sesuai fungsinya. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu/harapan rakyat