Bupati Pinrang: UMKM Harus Jadi Pahlawan Pemulihan Ekonomi Nasional

PINRANG,--Pada krisis ekonomi yang melanda Indonesia pada tahun 1998. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tampil sebagai pahlawan. Seperti semut, rumus sedikit tapi banyak ternyata mampu membawa UMKM sebagai penyelamat ekonomi bangsa, kala itu.

Kisah kepahlawanan itu nampaknya berpeluang besar terulang sekarang. Akibat pandemi Covid-19, Indonesia saat ini sudah berada dalam jurang resesi. Lagi-lagi, pemerintah berharap besar pada UMKM.

Meskipun tetap dikategorikan akan masuk jurang resesi, UMKM diharapkan dapat menjadi peredam agar resesi tak semakin dalam. Apalagi dengan jumlah tenaga kerja yang disokong UMKM yang sangat besar.

Melalui hal tersebut Bupati Pinrang Irwan Hamid terus berkomitmen memberikan support kepada pelaku UMKM yang ada di kabupaten Pinrang. Ia juga mengungkapkan, sejauh ini geliat UMKM di wilayahnya telah menunjukan trend yang sangat positif. Menurutnya, ini harus terus kita dorong, karena secara tidak langsung bisa turut membantu meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.

"kami terus dorong UMKM di kabupaten Pinrang agar terus eksis. UMKM sebagai momentum kebangkitan spirit untuk bisa berperan maksimal dalam upaya pemerintah pada program pemulihan ekonomi masyarakat Meski ditengah Pandemic," kata Bupati Pinrang saat ditemui redaksi Sahabat News Net

Lanjut kata Bupati Pinrang, pemerintah terus berupaya mendorong tiap-tiap sektor ekonomi baik UMKM maupun Dunia parawisata.

"Saat ini para pelaku UMKM tidak ribet lagi untuk perijinan mendirikan usaha bahkan pemerintah kabupaten Pinrang terbuka bagi investor. Seperti Inovasi yang kami ikutkan sebagai inovasi nasional Gerai Perijinan Desa dan Kelurahan (Rajin) dan Kerjasama Pembinaan dan Bantuan Ekonomi Berkelanjutan (Jabat Erat) dan Rajin dan Jabat Erat merupakan inovasi yang dikembangkan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pinrang,"ulasnya.

Sementara Iren Paturusi Anggota D, Great UMKM kabupaten Pinrang mengatakan mengapresiasi langkah langkah  pemerintah kabupaten Pinrang dalam mendukung kebangkitan UMKM ditengah Pandemic.

"Pemerintah selalu memberikan support kepada kami baik dalam bentuk pendampingan maupun mencarikan pasar dan tentunya kami sebagai pelaku UMKM Sangat bersyukur atas support kepada pemerintah,"kata Iren Owner Lylo Donut saat di Konfirmasi disele sela pemasangan Baliho Komunitas D, Great UMKM Pinrang,(Har/rls)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama