BREAKING NEWS

Loading...

Cara Cepat Membersihkan Cache WhatsApp di Android

 

Teknologi - Ternyata ada cara cepat untuk membersihkan cache WhatsApp di Android. Seperti diketahui penggunaan fitur atau aplikasi via browser ataupun smartphone akan menghasilkan chache, termasuk WhatsApp.

Setiap aplikasi termasuk WhatsApp, memiliki cache yang disimpan di file penyimpanan handphone. Cache ini harus dibersihkan secara rutin.

Informasi yang secara otomatis disimpan oleh browser atau aplikasi ini jika menumpuk terlalu lama bisa menjadi beban pada handphone. Sehingga kinerja aplikasi dan kinerja smartphone juga bisa terganggu hingga menjadi lambat.

Jika aplikasi WhatsApp menjadi lebih lambat dalam mengunduh file, bisa jadi itu karena tumpukan cache sudah terlalu banyak. Tumpukan cache ini berasal dari penggunaan data berupa pengiriman video, stiker, pesan suara, foto dan lain sebagainya.

Melansir India Today, kalian bisa langsung menghapus cache dari aplikasi WhatsApp yang sedang aktif. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi WhatsApp.

2. Ketuk tiga titik yang ada di bagian kanan atas aplikasi.

3. Pilih "Settings", kemudian pilih "Storage and Data."

4. Klik "Manage Storage" dan Anda akan mendapati deretan kontak WhatsApp yang ada di handphone Anda. Deret kontak ini ditulis urut sesuai kontak yang memakan kapasitas memori paling besar.

5. Klik kontak, Anda akan mendapatkan berbagai file yang pernah Anda kirim atau terima dari kontak tersebut. File ini bisa berupa foto, video, dokumen, pesan suara dan masih banyak lagi.

6. Pilih file mana yang mau dihapus satu per satu. Atau Anda bisa pula memilih semua file, dengan cara mencentang "Select All" atau "Pilih Semua" yang ada di pojok kanan atas.

7. Setelah Anda menghapus file dalam kontak tersebut, lanjutkan dengan menghapus file pada kontak-kontak yang lain.

8 Cara yang lain adalah dengan masuk ke dalam folder di bawah kolom bar. Di situ ada dua folder, yaitu file yang sudah diteruskan berkali-kali dan file yang berukuran besar. Anda bisa menghapus file berukuran besar untuk mengurangi jumlah cache secara lebih signifikan. Setelah beberapa file Anda hapus dari gawai, Anda akan melihat penurunan jumlah cache yang tertera di kolom bar, dan kinerja smartphone pun akan kembali normal.

Nah, itu tadi cara cepat membersihkan cache WhatsApp di Android. Semoga informasi tadi bisa membantu kalian dalam membersihkan cache WhatsApp.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Cepat Membersihkan Cache WhatsApp di Android" 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Cepat Membersihkan Cache WhatsApp di Android"

Posting Komentar