EURO 2020: Pertempuran Tim Kuda Hitam Swedia VS Ukraina, Merebut Perempat final

 

Sport - Duel tim dengan status kuda hitam akan digelar malam ini yakni Swedia melawan Ukraina di Stadion Hampden Park, Glasgow, Rabu (30/6/2021) dini hari. 

Pertandingan ini nantinya akan menambah satu dari empat tim kuda hitam yang lolos babak Perempat final Euro 2020. 

Sebelumnya sudah ada tiga tim non-unggulan atau tim underdog yang berhasil lolos babak perempat final. Mereka adalah Swiss, Republik Ceko, Denmark.

Satu tim lagi akan lolos babak Perempat final yaitu pemenang pertandingan antara Swedia melawan Ukraina.

Jelang laga ini, Emil Forsberg tebar ancaman. Penyerang sayap Swedia ini berikrar dalam kondisi sangat fit, dan siap membobol gawang Ukraina dalam babak 16 besar Euro 2020.

Forsberg telah mencetak tiga gol untuk menjadi topskor Swedia di gelaran Euro 2020 ini. The Blagut, julukan Swedia, memuncaki grup E setelah imbang 0-0 dengan Spanyol, dan berturut-turut menang 1-0 atas Slowakia, dan 3-2 atas Polandia.

Dari empat gol tersebut, tiga di antaranya diborong oleh Forsberg. Hal itu menunjukkan betapa krusialnya peran pemain RB Leipzig ini untuk Swedia.

Karenanya, ketika gelandang serba-bisa berusia 29 tahun ini absen saat latihan kemarin, sempat menyeruak kekhawatiran di kalangan pendukung Swedia. Namun, Forsberg menyatakan kondisinya baik-baik saja.

"Saya dalam kondisi terbaik, berlatih penuh hari ini. Kemarin saya hanya sedang ingin memulihkan diri saja. Jadi tak ada masalah dengan kebugaran saya," kata Forsberg dalam konferensi pers kemarin dikutip dari situs UEFA.

Bermain di sektor sayap kiri, Forsberg biasanya sering bergerak untuk menyusup ke kotak penalti. Kadang juga dia pindah bergeser ke tengah untuk menjadi playmaker. Gol sang winger telah menjadi kunci keberhasilan Swedia sejauh ini.

Dan Pelatih Janne Andersson harus memilih partner yang tepat untuknya di lini depan dalam formasi 4-4-2. Antara Alexander Isak, Robin Quaison, atau Marcus Berg.

Isak selalu jadi starter di tiga laga terakhir, dengan Berg di sampingnya untuk dua laga pertama, dan bersama Quaison saat melawan Polandia. Namun, tak satu pun dari mereka telah mencetak gol di pentas Euro ini.

Ancaman untuk Ukraina juga bakal datang dari Viktor Claesson, yang mencetak gol kemenangan ke gawang Polandia, serta Dejan Kulusevski, yang mengemas dua assists setelah keluar dari bangku cadangan di pertandingan yang sama.

Mereka akan menghadapi tim Ukraina yang penuh semangat. Pelatih Andriy Shevchenko mendapat dukungan langsung dari Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy, setelah meloloskan timnya ke babak 16 besar, yang menjadi tonggak sejarah baru bagi mereka.

Kemenangan atas Makedonia Utara, dan kekalahan dari Belanda, serta Austria telah membawa tim berjuluk Zhovto-Blakytni alias kuning-biru ini lolos sebagai peringkat ketiga di Grup C.

Ada juga keberuntungan menyertai setelah Swedia mengalahkan Polandia, hingga predikat peringkat tiga terbaik (dari empat jatah) jatuh kepada Ukraina.

"Untuk pertama kalinya dalam sejarah, tim nasional sepak bola Ukraina telah melewati babak penyisihan grup di kejuaraan Eropa dan mencapai babak playoff! Sepertinya sepak bola telah membayar utang kepada kami untuk semua waktu yang tidak adil bagi kami," tulis Presiden Volodymyr Zelenskiy di Instagram.

"Kini kami punya kesempatan untuk membuktikan bahwa kami baru saja melakukan pemanasan selama ini. Saya yakin, di babak 16 besar kami akan menunjukkan sepak bola yang hebat. Kami percaya kepada Anda! Kami percaya kepada tim! Kami percaya kepada Ukraina!” tulis Presiden Volodymyr.

Jika kubu Swedia punya Forsberg, maka Ukraina akan mengandalkan Andriy Yarmolenko. Seperti juga Forsberg, Yarmolenko berperan penting mengantarkan negaranya ke babak 16 besar untuk pertama-kalinya.

Winger West Ham United ini sudah mengemas dua gol, dan satu assists. Secara keseluruhan, penyerang berusia 31 tahun ini pun punya rating tertinggi di tim, 7.14 versi situs Whoscored.

Yarmolenko pun sesumbar, timnya masih ingin meneruskan mimpi indahnya di Euro 2020 ini.

"Kami berhasil menorehkan sejarah baru, tapi kami ingin terus menciptakan sejarah baru lagi. Swedia tim yang tangguh, dan kami berterima kasih mereka telah mengalahkan Polandia yang membuat kami bisa lolos ke 16 besar. Kami kini kami harus mengalahkan mereka. Kami bisa melakukan itu jika kami memberikan penampilan terbaik," ujarnya menegaskan.(*)

PREDIKSI SKOR

Sportsmole: Swedia 2-1 Ukraina

Squawka: Swedia 2-1 Ukraina

Whoscored: Swedia 1-0 Ukraina

PERKIRAAN PEMAIN

M-M-S-M-M

Swedia: 4-4-2

Olsen; Lustig, Lindelöf, Danielson, Augustinsson; S. Larsson, Ekdal, Olsson, Forsberg; Isak, Quaison

K-M-K-M-M

Ukraina: 4-3-3

Bushchan; Karavaev, Zabarnyi, Matviyenko, Mykolenko; Malinovskyi, Sydorchuk, Zinchenko; Yarmolenko, Yaremchuk, Tsygankov

3 Laga Terakhir

Swedia

23/06 vs Polandia (H) 3 - 2

18/06 vs Slowakia (H) 1 - 0

15/06 vs Spanyol (A) 0 - 0

Ukraina

21/06 vs Austria (H) 0 - 1

17/06 vs Makedonia Utara (H) 2 - 1

14/06 vs Belanda (A) 3 - 2


TRIBUNSOLO.COM

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama